akibat mengikuti hawa nafsu 

Akibat mengikuti hawa nafsu memang tidak ada untungnya. Dalam kehidupan modern saat ini ketika semangat kapitalisme telah menjelma menjadi jaring yang mengepung segala tindakan dan perilaku manusia, maka praktik konsumsi tidak lagi dipahami sekadar memenuhi kebutuhan dasar manusia, tetapi juga sebagai urusan yang berhubungan erat dengan pemuasan simbolik manusia. Dalam pengertian ini maka konsumsi akhirnya menjadi tanda yang peningkatan status, prestise, kelas, dan simbol sosial tertentu. Kegiatan sering berbelanja di Mal, makan di restoran cepat saji, kursus kepribadian adalah contoh kecil bahwa aspek kepemilikan apa pun yang serbabaru dan canggih pada dasarnya bukan untuk pemenuhan kebutuhan dasar.

akibat memperturutkan hawa nafsu

Akibat mengikuti hawa nafsu secara berlebihan

Akibat mengikuti hawa nafsu berlebih maka orang tersebut secara tidak langsung melatih dirinya sebagai budak nafsunya sendiri. Jika segala hawa nafsu disalurkan demi pemenuhan kenikmatan, maka ia dapat menjadi semacam penggerak yang pengoperasiannya bisa dilakukan menjadi tanpa batas sehingga akhirnya menjadi sesuatu yang tidak realistis dan membahayakan eksistensi manusia.

Kemajuan teknologi sebagai media yang menuntun pola hidup dan kebudayaan telah mengondisikan manusia pada sebuah penjara elektronik dan penjara rumah. Media massa seperti televisi ini pada akhirnya tidak bisa disalahkan total karena media adalah pembentuk kesadaran sosial yang pada akhirnya menentukan persepsi manusia terhadap dunia dan tempat mereka hidup.

Di era konsumtif ini, kebutuhan dilandasi oleh nilai nilai prestise atau gengsi, life style dan citraan dibanding nilai kegunaannya. Akibat mengikuti hawa nafsu maka hal yang mendasari hidupnya bukanlah kebutuhan (need), melainkan logika hasrat (desire). Hasrat atau hawa nafsu dengan begitu mudah diikuti seakan menjadi kebutuhan yang tiada hentinya. Jika hasrat atau hawa nafsu menjadi kebutuhan, maka kebutuhan manusia sepanjang hidupnya adalah pemenuhan hawa nafsu.

akibat mengikuti hawa nafsu

Hal ini dapat dilihat pada sekelompok masyarakat yang mempunyai budaya konsumsi berlebihan. Kehadiran hasrat dan hawa nafsu yang ditopang oleh kebutuhan kaum selebritis misalnya.

Demikian informasi mengenai akibat mengikuti hawa nafsu. Untuk mengetahui artikel terbaru silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai profil pribadi muslim.

 

akibat mengikuti hawa nafsu  | | 4.5