Alasan pentingnya melakukan USG saat kehamilan

Setiap ibu hamil perlu tahu alasan pentingnya melakukan USG saat kehamilan. Pemeriksaan USG biasanya dilakukan beberapa kali selama kehamilan. USG ini aman untuk ibu dan janin karena menggunakan gelombang suara ultrasound (frekuensi tinggi) melalui dinding rahim (transabdominal). Gema gelombang suara tersebut kemudian diterjemahkan menjadi gambar pada layar yang menunjukkan gambaran dan pergerakan janin. Pemeriksaan USG ini penting untuk memantau kondisi kesehatan janin. USG ini perlu dilakukan minimal 3 kali yaitu pada awal kehamilan (12 minggu), usia kandungan 20 minggu dan pada usia kandungan 30 minggu.

Alasan pentingnya melakukan USG saat kehamilan

Beberapa alasan pentingnya melakukan USG saat kehamilan.

Untuk mengetahui posisi janin, besar janin, jumlah janin, bisa mendengar detak jantung janin, bisa mengetahui jenis kelamin janin, bisa mengetahui keadaan organ reproduksi janin, bisa mengecek pertambahan berat janin, bisa mendeteksi kelainan janin seperti kehamilan kosong atau kehamilan molar, bisa mendeteksi kelainan fisik atau cacat bawaan, bisa mengetahui hari perkiraan lahir, mengetahui posisi plasenta, bisa menguku cairan ketuban dan bisa mengetahui penyebab pendarahan jika terjadi.

Pemeriksaan USG sendiri ada 3 yaitu:

USG 2D.

USG ini hanya memperlihatkan janin dari satu sisi saja (panjang x lebar) dan akan dicetak seperti foto, dan biasanya hanya dapat “dibaca” dan dimengerti oleh dokter kandungan.

USG 3D.

USG ini bisa memperlihatkan janin secara keseluruhan (panjang x lebar x tinggi) dengan kualitas gambar yang lebih baik dari USG 2D. Hasil USG 3D ini bisa anda simpan dalam bentuk CD.

USG 4D.

USG ini bisa memperlihatkan janin secara keseluruhan dalam kondisi bergerak, layaknya sedang menggunakan kamera video dan hasilnya bisa anda simpan dalam dalam CD berupa gambar bergerak.

Demikian informasi mengenai Alasan pentingnya melakukan USG saat kehamilan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai tips mengunjungi tempat ramai bersama anak kecil.

Alasan pentingnya melakukan USG saat kehamilan | | 4.5