anak sebagai amanah

Anak sebagai amanah Allah yang tidak dapat dinilai dengan apa pun, ia menjadi tempat curahan kasih sayang orangtua. Namun sejalan dengan bertambahnya usia sang anak semakin banyak muncul persoalan baru yang tiada kunjung habisnya. Ketika beranjak dewasa ada anak dapat menampakkan wajah manis dan santun, penuh bakti kepada orangtua, berprestasi di sekolah, bergaul dengan baik dengan lingkungan masyarakatnya. Akan tetapi, banyak juga yang berperilaku sebaliknya. Perilaku menjadi semakin tidak terkendali, bentuk kenakalan sewaktu kecil berubah menjadi kejahatan, dan orangtua pun selalu cemas memikirkannya.

anak sebagai amanah tuhan

Perlunya menyadari anak sebagai amanah

Anak sebagai amanah maka orang tua perlu memperhatikan setiap anak sebagai individu yang berbeda. Setiap anak itu masing masing memiliki kebutuhan, tantangan, dan permasalahan yang berbeda. Mereka memiliki potensi dan bakat yang berbeda. Seorang anak membutuhkan panutan tetapi hal itu bukanlah berarti paksaan untuk mengikuti apa yang diinginkan orangtuanya. Anak berhak memilih melakukan apa yang dia inginkan. Hal tersebut perlu dilakukan, agar ketika beranjak dewasa si anak mampu menjadi manusia yang bertanggung jawab, kreatif, serta sanggup menjadi pribadi yang mandiri.

Mengingat anak sebagai amanah maka orangtua perlu meletakkan bingkai yang tepat sehingga tidak terjadi disorientasi pada anak. Penjelasan dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami menjadi tantangan tersendiri bagi orangtua  dalam menjelaskan hakikat hidup. Jelaskan bahwa hidup adalah untuk beribadah dan meraih ridha Ilahi.

anak sebagai amanah terindah

Tenaga yang orangtua keluarkan untuk mendidik anak bukanlah tenaga sia sia. Yang dilakukan orangtua itu adalah sebuah investasi. Oleh karena itu, jangan sampai mendidik anak anak hanya dengan menggunakan waktu dan tenaga sisa yang kita miliki, sisa dari kantor, sisa dari acara arisan, dan sisa sisa yang lainnya. Kita harus menanam saham pada anak supaya  menjadi anak saleh. Orangtua perlu selalu melihat bahwa keturunan kita adalah bagian dari keselamatan dunia dan akhirat kita. Oleh karena itu, jangan pernah memberikan sisa yang kita miliki kepada mereka. Ayah dan ibu harus bekerja sama untuk mengevaluasi keadaan anak anak.

Jika anak semakin kaya, maka akan semakin banyak orang yang bisa ditolongnya. Dia semakin berkuasa, makin banyak pula orang yang terangkat martabatnya karena kekuasaanya. Dia semakin berani, makin banyak orang yang terlindungi karena keberanian yang dimilikinya. Anak sebagai amanah karena itu jangan hanya disiapkan untuk bisa hidup kaya di dunia ini, tetapi juga disiapkan menjadi orang yang hidup bermartabat di akhirat.

anak sebagai amanah yang harus dijaga

Pengorbanan orangtua terhadap anak anak tidak perlu dihitung hitung apalagi mengharapkan balas budi. Karena tidak sedikit orangtua yang menghitung hitung pengeluaran. Ada juga orangtua yang menyekolahkan anak anaknya sampai jenjang tertinggi bahkan dipilihkan sekolah terbaik, hanya bertujuan agar suatu saat nanti anaknya bisa mencukupi dan memenuhi kebutuhan orangtuanya.

Demikian informasi mengenai anak sebagai amanah. Untuk mengetahui artikel terbaru silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai cara pintar untuk mengatasi anak yang susah diatur.

 

anak sebagai amanah | | 4.5