Beberapa amalan di bulan ramadhan

Amalan di bulan ramadhan yang dilakukan Rasulullah saw

Amalan di bulan ramadhan yang pertama yaitu Puasa

Shaum bermakna menahan (al-imsaak), dan menahan itulah aktifitas inti dari ibadah puasa. Menahan makan dan minum serta segala macam hal yang membatalkannya mulai dari terbit fajar sampai tenggelamnya matahari dengan diiringi niat. Jika aktifitas menahan ini dilakukan dengan baik maka seorang muslim memiliki kemampuan pengendalian, yaitu pengendalian diri dari segala hal yang diharamkan Allah.

amalan di bulan ramadhan

Berinteraksi dengan Al-Quran

Bulan ramadhan adalah bulan diturunkannya Al-Quran. Pada bulan ramadhan, umat Islam harus benar-benar berinteraksi dengan Al-Qur’an untuk meraih keberkahan hidup dan meniti jenjang menuju umat yang terbaik dengan petunjuk Al-Qur’an. Berinteraksi dengan Al-Qur’an seperti tilawah (membaca), tadabbur (memahami), hifzh (menghafalkan), tanfiidzh (mengamalkan), ta’liim (mengajarkan) dan tahkiim (menjadikannya sebagai pedoman).

Shalat Terawih

Ibadah yang sangat dianjurkan di malam bulan Ramadhan adalah Qiyamu Ramadhan. Qiyam Ramadhan biasa diisi dengan shalat malam atau yang dikenal dengan sholat tarawih.

Amalan di bulan ramadhan yang keempat yaitu Memperbanyak Dzikir, Do’a dan Istighfar

Pada bulan Ramadhan kebaikan apapun maka pahalanya dilipatgandakan, oleh karena itu selalu isi waktu kosong dengan banyak dzikir dan istighfar. Saat saat mustajab untuk berdoa dan meminta ampun adalah saat sahur dan berbuka, sepertiga malam terakhir, mencari waktu mustajab pada hari Jum’at, yaitu disaat-saat terakhir pada sore hari Jum’at, duduk untuk dzikir, do’a dan istighfaar di masjid, yaitu setelah menunaikan sholat Shubuh sampai terbit matahari.

beberapa amalan di bulan ramadhan

Shodaqoh, Infak dan Zakat

Salah satu bentuk shodaqoh yang dianjurkan adalah memberikan santapan berbuka puasa kepada orang-orang yang berpuasa.

Belajar Ilmu dan Menyampaikannya

Bulan Ramadhan adalah saat yang paling tepat dan baik untuk menuntut ilmu Islam dan mendalaminya. Karena di bulan Ramadhan hati dan pikiran sedang dalam kondisi bersih dan jernih sehingga sangat siap menerima ilmu-ilmu agama.  Amalan di bulan ramadhan yang ketujuh yaitu Umrah

Umrah pada bulan Ramdhan sangat dianjurkan karena akan mendapatkan pahala yang berlipat-lipat.

I’tikaf

I’tikaf adalah puncak aktivitas ibadah di bulan Ramadhan. Itikaf adalah tetap tinggal di masjid untuk mendekatkan diri  kepada Allah dan menjauhkan diri dari segala aktifitas keduniaan.

Mencari Lailatul Qadar

Amalan di bulan ramadhan yang kesepuluh yaitu Menjaga Keseimbangan dalam Ibadah

Keseimbangan dalam beribadah adalah sesuatu yang harus dipikirkan dan dipahami. Berbuat banyak ibadah itu penting tetapi kewajiban keluarga harus tetap ditunaikan, begitu juga kewajiban sosial lainnya.

amalan di bulan ramadhan yang baik

Demikian informasi mengenai beberapa amalan di bulan ramadhan. Untuk mengetahui artikel terbaru silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai penyebab gaya hidup boros.

Beberapa amalan di bulan ramadhan | | 4.5