Beberapa Jenis Kelainan Kulit Selama Hamil

Setiap ibu hamil perlu tahu beberapa jenis kelainan kulit selama hamil yang disebabkan oleh ketidakseimbangan hormonal.

Beberapa Jenis Kelainan Kulit Selama Hamil

Beberapa jenis kelainan kulit selama hamil yang perlu ibu ketahui.

Linea nigra yaitu garis gelap yang memanjang mulai dari bagian dada sampai ke pusar. Garis tersebut tidak bisa hilang bahkan setelah dibersihkan dengan sabun atau sikat sekalipun. Sebenarnya itu adalah hal yang wajar dan akan hilang dengan sendirinya beberapa bulan setelah melahirkan. Biasanya gari sini muncul saat masa kehamilan trimester ketiga.

Berubahnya warna puting susu dan daerah sekitarnya menjadi lebih gelap saat memasuki minggu ke 4. Namun ini akan kembali seperti semula setelah melahirkan dan keadaan hormon dalam tubuh sudah stabil kembali.

Tahi lalat atau tanda lahir yang ibu miliki akan lebih gelap selama kehamilan.

Melasma atau topeng kehamilan yaitu munculnya bercak bercak berwarna gelap pada kulit wajah. Melasma ini biasanya akan kembali hilang beberapa bulan setelah melahirkan.

Stretch mark yaitu guratan guratan putih yang disertai rasa gatal yang bisa ada pada perut dan pangkal paha. Ini muncul karena adanya peregangan kulit dan agak sulit untuk hilang.

Varises adalah pelebaran vena yang mulai terlihat terutama di daerah kaki. Ini karena beberapa organ tubuh menyesuaikan terhadap keadaan ibu yang lagi hamil yaitu detak jantung lebih cepat, volume darah yang mengalir meningkat, pembuluh darah balik (vena) melebar dan sebagainya. Namun ini akan hilang ketika ibu menerapkan pola hidup sehat.

Demikian informasi mengenai Beberapa Jenis Kelainan Kulit Selama Hamil. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai cara benar merawat tali pusat anak.

Beberapa Jenis Kelainan Kulit Selama Hamil | | 4.5