Beberapa masalah kelainan mata pada anak

Setiap orangtua harus tahu beberapa masalah kelainan mata pada anak. Selain membawa anak ke dokter, ibu dan ayah juga bisa melakukan pendeteksian dini pada kelainan mata yang mungkin dialami anak.

Beberapa masalah kelainan mata pada anak

Beberapa masalah kelainan mata pada anak yang bisa diketahui orangtua.

Ambliopia atau mata malas. Ini adalah kurangnya fokus penglihatan pada mata anak bahkan setelah diberikan kacamata. Bila tidak segera diobati maka bisa mengakibatkan mata anak mengalami kehilangan penglihatan secara permanen. Sebaiknya orangtua memeriksakan mata anak sebelum memasuki usia 5 tahun untuk mencegah kerusakan permanen pada matanya.

Strabismus atau mata juling. Ini adalah cacat visual dengan dua titik mata mengarah ke arah yang berbeda. Misalnya ketika anak melihat ke arah kanan tapi mata satunya melihat ke kiri. Orangtua bisa melakukan deteksi dini dengan cara merangsang anak untuk memfokuskan pandangan untuk memaksa mata yang tidak sinkron untuk bekerja. Orangtua bisa memberikan kaca mata khusus atau operasi untuk bisa membantu penyelarasan mata.

Kelainan refraksi atau lensa mata tidak bisa memantulkan cahaya secara benar sehingga gambar tampak kabur. Contohnya rabun jauh, rabun dekat atau astigmatisma silindris.

Retinoblastoma yaitu tomor yang menyerang mata anak pada usia dibawah 3 tahun. Mata yang terkena kelainan ini akan kehilangan penglihatan dan bagian putih di matanya.

Untuk mengurangi penyakit dan kelainan mata maka orangtua perlu melakukan

Kurangi kebiasaan nonton TV, main gadget atau main komputer. Batasi agar anak hanya main atau nonton tv hanya 30 menit setiap harinya. Jaga jarak anak menonton tv dan beri penerangan yang cukup, tidak silau ataupun tidak redup.

Ketika anak membaca, posisikan  tubuhnya dalam duduk tegak dengan cahaya yang cukup. Jarak membaca yang baik yaitu 30 cm. Jangan membiarkan anak membaca dalam keadaan tidur tiduran atau berbaring karena mempercepat kerusakan mata dan membuat mata cepat lelah.

Makan makanan yang bisa menyehatkan mata seperti buah buahan yang berwarna kuning, jingga atau oranye serta sayuran seperti pepaya, pisang, mangga, labu dan wortel.

Demikian informasi mengenai Beberapa masalah kelainan mata pada anak. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai cara mencegah agar asma anak tidak kambuh.

Beberapa masalah kelainan mata pada anak | | 4.5