Beberapa persiapan menyambut ramadhan

Persiapan menyambut ramadhan agar tidak menjadi manusia merugi

Persiapan menyambut ramadhan yang pertama yaitu Persiapan Mental.

Persiapan mental sangat diperlukan tertama pada saat menjelang hari-hari terakhir karena banyaknya dorongan dan keinginan seperti keluarga yang ingin belanja mempersiapkan hari raya, pulang kampung dan lain lain.

Persiapan ruhiyah (spiritual)

Persiapan ruhiyah atau spiritual yang dapat dilakukan adalah dengan dengan memperbanyak ibadah, seperti memperbanyak membaca Al-Qur’an saum sunnah, dzikir, do’a dan kegiatan berpahala lainnya.

persiapan menyambut ramadhan

Persiapan menyambut ramadhan yang ketiga yaitu Persiapan fikriyah

Persiapan fikriyah atau akal dapat dilakukan dengan terus belajar mendalami ilmu, khususnya ilmu yang berhubungan  dengan ibadah Ramadhan. Banyak orang yang berpuasa tidak mendapatkan hikmahnya melainkan hanya menghasilan kecuali lapar dan dahaga. Hal ini dikarenakan kegiatan puasanya tidak dilandasi dengan ilmu yang cukup. Orang yang beramal tanpa ilmu maka tidak menghasilkan sesuatu yang berarti kecuali kesia-siaan belaka.

Persiapan Fisik dan Materi

Seorang muslim tidak akan mampu berbuat maksimal dalam berpuasa jika kondisi fisiknya sakit. Oleh karena itu orang beriman dituntut untuk menjaga kesehatan fisik, kebersihan rumah, masjid dan lingkungan. Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan fisik yaitu dengan menyikat gigi dengan siwak, berobat dengan berbekam dan memperhatikan apa yang masuk ke mulut.

persiapan persiapan menyambut ramadhan

Persiapan menyambut ramadhan yang kelima yaitu Merencanakan Peningkatan Prestasi Ibadah (Syahrul Ibadah)

Sebelum memasuki bulan puasa, maka harus mempersiapkan target ibadah yang ingin dicapai. Diantara bentuk-bentuk peningkatan amal Ibadah di bulan Ramadhan adalah peningkatan ibadah puasa, peningkatan dalam tilawah Al-Qur’an, hafalan, pemahaman dan pengamalan. Peningkatan kegiatan sosial seperti: infak, memberi makan kepada tetangga dan fakir-miskin, santunan terhadap anak yatim, beasiswa terhadap siswa yang membutuhkan dan meringankan beban umat Islam. Rencanakan juga untuk mengurangi pola hidup konsumtif dan memantapkan tekad untuk tidak membelanjakan hartanya kecuali pada hal hal yang sifatnya penting dan mendesak.

Mempersiapkan Mengambil Keberkahan Ramadhan secara Maksimal

Ramadhan adalah bulan penuh berkah dari semua sisi kebaikan. Oleh karena itu, umat Islam harus mengembil keberkahan Ramadhan dari semua aktifitas yang dilakukan setiap hari, latih untuk menyempurnakan niat ketika beraktivitas baik setiap hari.

perbuatan dan persiapan menyambut ramadhan

Demikian informasi mengenai beberapa persiapan menyambut ramadhan. Untuk mengetahui artikel terbaru silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai beberapa amalan di bulan ramadhan.

Beberapa persiapan menyambut ramadhan | | 4.5