Beberapa tahapan perkembangan balita yang perlu orangtua ketahui

Setiap orangtua harus tahu Beberapa tahapan perkembangan balita yang perlu orangtua ketahui. Masa masa balita adalah masa masa emas bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Anak akan melewati tahapan seperti perkembangan sosial, bahasa dan juga motorik.

Beberapa tahapan perkembangan balita yang perlu orangtua ketahui

Beberapa tahapan perkembangan balita yang perlu orangtua ketahui seperti.

Perkembangan sosial. Ini terjadi ketika anak mulai berinteraksi dan mengenali berbagai wajah dan suara orang yang ada di dekatnya. Interaksi balita biasanya tersenyum ketika melihat wajah orang orang terdekatnya atau menoleh ketika namanya dipanggil.

Perkembangan bahasa. Perkembangan yang dialami balita berikutnya adalah bahasa. Balita akan mulai belajar berkomunikasi dan mengolah kata hingga ia bisa berbicara dengan sempurna. Pertama kali, anak berkomunikasi dengan cara menangis, mengucapkan satu kata berulang ulang hingga menggabungkan beberapa kata menjadi kalimat.

Perkembangan motorik atau perkembangan gerak. Secara bertahap, balita akan belajar tengkurap, merangkak, duduk, berdiri dan berjalan hingga melompat lompat. Untuk memenuhi energi untuk aktivitasnya, ibu dan ayah harus memperhatikan kecukupan nutrisinya.

Keterampilan bereaksi dan bereksplorasi. Misalnya anak akan mulai menjelajah seluruh perabotan di rumah, mengambilnya, memindahkan letaknya, mencoret coret dinding dan lantai dan lain sebagainya. Pada perkembangan fase ini orangtuanya harus selalu menemaninya. Sehingga anak tidak cedera atau terluka ketika bermain dengan perabotan atau mainannya di rumah.

Demikian informasi mengenai Beberapa tahapan perkembangan balita yang perlu orangtua ketahui. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai penularan flu pada bayi dan cara mengatasinya.

Beberapa tahapan perkembangan balita yang perlu orangtua ketahui | | 4.5