Cara agar anak tidak mengompol lagi

Sebagai orangtua yang baik kita harus tahu cara agar anak tidak mengompol lagi tanpa harus menggunakan kata kasar ataupun kekerasan. Mengompol adalah hal yang umum dijumpai pada anak-anak yang berusiah hingga 5 tahun. Tentu saja mengompol menjadi masalah jika sering terjadi pada anak yang berusia 6 tahun keatas. Yang perlu diketahui orangtua adalah mengompol biasanya akan berhenti secara alamiah sebelum masa remaja.

Penyebab anak mengompol memang tidak bisa dikatakan secara pasti. Sebab ada penelitian yang mengatakan bahwa mengompol disebabkan karena kecilnya daya tampung kandung kemih atau sensitifnya kandung kemih. Ada juga penyebab dari faktor psikologis seperti stress atau cemas yang berlebihan.

Cara agar anak tidak mengompol lagi

Beberapa Cara agar anak tidak mengompol lagi

Jika setelah dibawa ke dokter, ternyata tidak ada penyebabnya maka orangtua perlu menenangkan hati sang anak lalu menjelaskan bahwa semuanya akan baik baik saja. Yang penting untuk dilakukan adalah Jangan memarahi atau menghukum anak karena mengompol,

Jangan melarang anak minum setelah makan malam, jangan memaksa membangunkan anak di malam hari untuk kencing di toilet, Jangan lupa untuk terus memuji anak sehingga anak terpacu untuk tidak mengompol lagi.

Namun jika hal diatas tidak berhasil maka minta anjuran dokter untuk memberikan obat desmopressin. Jika anak mengalami cemas berlebih, maka perlu dilakukan konseling atau hipnoterapi.

beberapa Cara agar anak tidak mengompol lagi

Demikian informasi mengenai Cara agar anak tidak mengompol lagi. Semoga artikel di atas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai usia yang tepat memberikan HP pada anak.

Cara agar anak tidak mengompol lagi | | 4.5