Cara agar pasangan tidak menggunakan kekerasan dalam suatu hubungan

Setiap orang yang mulai berpacaran harus tahu cara agar pasangan tidak menggunakan kekerasan dalam suatu hubungan. Karena konflik pasti terjadi pada setiap pasangan, namun tidak sedikit pasangan yang menggunakan kekerasan untuk menyelesaikan masalah.

Tidak hanya dalam bentuk pukulan, kalimat bernada merendahkan atau mengancam pun kerap diucapkan pada pasangan. Apalagi pasangan memaksa hubungan seksual yang tidak anda inginkan. Ketika pacaran saja sudah menyakiti anda apalagi setelah menikah.

Banyak pasangan wanita yang tidak sadar bahwa ia telah mendapatkan kekerasan meski belum ada kekerasan fisik. Karena itu anda harus tahu banyak mengenai jenis kekerasan yang bisa terjadi ketika pacaran. Kekerasan itu bisa berbentuk verbal, fisik serta seksual yang mana semuanya memiliki kesamaan yaitu memperlihatkan adanya kekuatan dan kontrol pada pasangan.

Kekerasan verbal bisa berupa menurunkan harga diri, menimbulkan ketakutan, perasaan tertekan dan tidak berdaya. Biasanya perilaku yang muncul adalah cemburuan, posesif, dan pengendalian seperti memanggil nama pasangan dengan sebutan negatif (bodoh, jelek), cemburu berlebihan, dihina, diancam dan dilarang berhubungan dengan teman.

Kekerasan fisik bertujuan untuk menyakiti pasangan yang mengakibatkan luka yang mudah terlihat. Biasanya dimulai dulu dengan kekerasan verbal lalu dilanjutkan dengan kekerasan fisik.

Kekerasan seksual. Ini bisa berupa pada rabaan dan sentuhan pada diri anda yang tidak anda kehendaki. Pelecehan seksual dan mengancam akan meninggalkan pasangan ketika tidak mau memenuhi kebutuhan nafsunya.

Cara agar pasangan tidak menggunakan kekerasan dalam suatu hubungan

Beberapa cara agar pasangan tidak menggunakan kekerasan dalam suatu hubungan.

Mengenali pasangan lebih jauh saat berpacaran. Anda harus tahu perilaku baik dan buruknya sebanyak mungkin. Lalu tanyakan hal ini pada diri anda sendiri, apakah ia pencemburu, sering menuntutmu melakukan sesuatu yang diinginkannya, emosinya mudah meluap luap, apakah kamu takut ketika pacar kamu marah, apakah ia sering menggunakan kata kata yang merendahkanmu, apakah pacarmu bisa dengan sangat cepat berubah dari marah menjadi langsung minta maaf, apakah ia sering mengatakan ia melakukan semua itu demi kebaikanmu dan jika banyak terjawab dengan YA, berarti anda berada dengan orang yang mungkin sering melakukan kekerasan pada anda nantinya.

Anda harus berani menolak dan mengatakan TIDAK, jika ia memaksa melakukan sesuatu yang tidak sepantasnya. Beritahu pasangan kamu sikap dia yang tidak kamu suka beserta alasannya. Dengan berani bersikap, berarti anda memiliki kontrol atas diri anda sendiri sehingga pasangan anda tidak mendominasi diri anda sepenuhnya.

Carilah dukungan sosial ketika pasangan mulai membuat anda ketakutan. Ketika anda merasa perilaku pasangan mulai mengancam diri dan menakutkan anda, coba untuk bicara pada orangtua atau sahabat. Ini dilakukan untuk mendapatkan masukan mengenai apa yang harus dilakukan.

Evaluasi selalu kelanjutan hubungan anda. Hubungan yang sehat yaitu hubungan tanpa dominasi, paksaan dan tanpa kekerasan. Apakah anda cinta disertai takut, atau cinta disertai rasa kasih sayang? Anda harus bisa menjawab hal itu dengan jujur pada diri anda sendiri.

Demikian informasi mengenai Cara agar pasangan tidak menggunakan kekerasan dalam suatu hubungan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai penyebab dan akibat buruk dari perceraian.

Cara agar pasangan tidak menggunakan kekerasan dalam suatu hubungan | | 4.5