Cara belajar efektif bagi anak

Cara belajar efektif bagi anak yang bisa dipraktekkan oleh orang tua:

  1. Cara membagi waktu belajar. Anak harus dibiasakan belajar setiap hari dan sedikit demi sedikit agar pada saat ulangan, bahan pelajaran yang akan dipelajari tidak menumpuk.
  2. Cara belajar yang salah. Tidak sedikit anak hanya belajar menghafal tanpa mengerti hubungan materi yang satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu perlu diperhatikan bahwa dalam belajar harus dimengerti hubungan antara materi yang satu dengan yang lainnya.
  3. Waktu istirahat. Belajar yang terus menerus hasilnya akan kurang baik dibandingkan dengan belajar sedikit demi sedikit, kemudian istirahat lalu belajar lagi.
  4. Tugas di rumah yang terlalu banyak.

cara belajar efektif

Beberapa cara belajar efektif bagi anak

Dalam upaya mengatasi kelambatan daya tangkap anak, orangtua dan guru mempunyai peran yang sangat menentukan. Oleh karena itu, orangtua dan guru harus mampu member atau menanamkan pengertian kepada anak anak sedini mungkin.

  1. Belajar sedikit tetapi berhasil lebih baik daripada belajar banyak tetapi tidak berhasil.
  2. Usahakan menggunakan benda benda konkret dalam setiap menyelesaikan soal soal.
  3. Pengajaran hendaknya dicurahkan pada makna.
  4. Memberikan ulangan yang bersifat pemecahan masalah dengan cara melatih terus menerus.
  5. Memberikan tugas sesederhana mungkin.
  6. Memperhatikan kesehatan, olahraga, makanan bergizi, dan permainan yang dapat merangsang anak untuk menyelidiki dan mengamati.
  7. Menghilangkan atau mengurangi gangguan emosi anak.

Demikianlah informasi mengenai cara belajar efektif bagi anak. Artikel terbaru bisa kamu lihat di Home. Artikel berikutnya mengenai penunjang belajar matematika.

Cara belajar efektif bagi anak | | 4.5