Cara menangani asma pada ibu hamil

Setiap pasangan harus tahu cara menangani asma pada ibu hamil.  Asma adalah penyakit yang biasa menyerang ibu hamil. Bisa disebabkan karena keturunan, tapi bisa juga menyerang ibu yang tidak pernah mengalami penyakit asma sebelumnya. Keadaan asma yang tidak terkontrol pada ibu hamil bisa menyebabkan pendarahan, pertumbuhan janin yang terhambat, berat bayi yang kurang dan membuat anda melahirkan secara caesar.

Namun tidak perlu takut, karena jika dikendalikan dengan benar maka tidak akan membahayakan kehamilan.

Asma ada yang berat dan ada yang ringan. Namun ada yang penyakit asma nya bertambah kuat ketika hamil di minggu ke 29 hingga minggu ke 36. Jika mendapatkan penyakit asma pada usia kehamilan akhir, maka ibu harus ke dokter kandungan ibu dan juga spesialis pernapasan. Minta saran terbaik dari mereka terhadap kondisi ibu sekarang. Biasanya dokter akan memberikan ibu obat hirup pencegah asma, dan steroid dalam bentuk tablet. Jangan takut, karena obat diatas tidak memberikan dampak buruk pada janin.

Ketika hamil, ibu juga disarankan untuk vaksin flu. Karena jika penderita asma terkena flu maka akan terjadi komplikasi yang akan membahayakan ibu dan juga janinnya. Yang penting adalah ibu harus menemui dokter asma secara teratur. Ketika ibu memiliki riwayat penyakit asma maka ada kemungkinan anak ibu juga akan mengidap penyakit yang sama.

Serangan asma jarang sekali terjadi saat persalinan, karena tubuh memproduksi hormon yang mencegah serangan asma. Jika terjadi serangan asma saat persalinan, biasanya cukup dengan menggunakan inhaler.

Cara menangani asma pada ibu hamil

Beberapa cara menangani asma pada ibu hamil:

Rutin komunikasi dengan dokter tentang apa yang ibu alami.

Perhatikan terus fungsi paru paru anda agar janin mendapat asupan oksigen yang cukup. Pantau juga pergerakan janin setiap hari sejak menginjak usia 28 minggu.

Hindari hal atau benda yang bisa memicu asma seperti asap rokok dan debu.

Demikian informasi mengenai Cara menangani asma pada ibu hamil. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai dampak buruk hukuman fisik bagi anak.

Cara menangani asma pada ibu hamil | | 4.5