Cara mencegah agar asma anak tidak kambuh

Setiap orangtua yang memiliki anak yang asma maka perlu tahu cara mencegah agar asma anak tidak kambuh. Penyakit asma adalah kondisi berulang pada saluran pernafasan yang menyempit akibat hiperaktivitas terhadap rangsangan tertentu, yang menyebabkan peradangan bersifat sementara. Biasanya penyakit asma ini dialami anak yang berusia 5 tahun.

Jika keluarga ibu dan ayah pernah ada yang mengidap penyakit ini, maka anak anda juga memiliki potensi terkena penyakit ini juga. Selain faktor genetik, faktor lingkungan juga berpengaruh meningkatkan peluang anak mengalami asma. Ini seperti terkena asap rokok, udara kotor atau asap kendaraan bermotor.

Cara mencegah agar asma anak tidak kambuh

Beberapa cara mencegah agar asma anak tidak kambuh.

Hindari pemicu asma yaitu debu, makanan dan lain lainnya.

Jauhkan anak dari asap rokok.

Ajak anak beraktivitas, tapi jangan sampai lelah.

Ajak anak untuk berolahraga ringan seperti berenang atau naik sepeda.

Jaga berat badannya agar tetap ideal. Berat badan yang berlebih bisa membuat anak mengalami sesak napas dan penyakit kronis lainnya.

Jauhkan hewan peliharaan atau binatang yang ada di rumah anda seperti kucing, anjjing ataupun kelinci. Karena bulunya yang rontok bisa mempengaruhi saluran pernapasan anak.

Selalu bersihkan rumah agar tidak ada debu atau kotoran yang menempel.

Demikian informasi mengenai Cara mencegah agar asma anak tidak kambuh. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai tes kesehatan yang penting dilakukan sebelum kehamilan.

Cara mencegah agar asma anak tidak kambuh | | 4.5