Cara mencegah Bercak Putih di Lidah Bayi

Setiap orangtua terutama ibu harus tahu cara mencegah bercak putih di lidah bayi. Bercak putih pada lidah bayi atau dikenal dengan nama oral thrust yang disebabkan kuman candida. Ini bisa terjadi karena rongga mulut dan lidah bayi yang kurang terjaga kebersihannya. Ini juga bisa disebabkan karena adanya peradangan pada payudara ibu ketika menyusui. Hal yang bisa menyebabkan peradangan payudara pada ibu menyusui adalah konsumsi antibiotik. Jadi ketika hamil, kurangi konsumsi obat dan konsumsi antibiotik.

Cara mencegah Bercak Putih di Lidah Bayi

Beberapa cara mencegah bercak putih di lidah bayi.

Jaga kebersihan ibu dan bayi. Dan juga kebersihan perlengkapan bayi dan mainan mainan yang bisa dimasukkan bayi ke dalam mulutnya.

Bersihkan botol susu secara rutin. Ketika orangtua memberikan susu formula, ibu harus menjaga kebersihan botol susu dan disterilkan terlebih dahulu untuk membunuh kuman dan bakteri.

Tidak membiarkan botol susu tetap dimulutnya ketika tidur. Memang dengan cara meletakkan botol susu di mulut bayi akan membuat bayi lebih cepat dan nyenyak tidurnya. Tetapi sisa sisa susu yang ada dimulut bayi bisa membuat bakteri candida tumbuh lebih cepat.

Rutin memberikan air putih ketika bayi berusia 1 tahun keatas. Ketika selesai minum susu formula, ibu bisa membersihkan sisa sisa susu yang menempel di mulut dan lidahnya dengan air putih. Caranya itu dengan menggunakan kain kasa steril yang dicelupkan ke dalam air hangat dan usap lidah dan mulutnya.

Demikian informasi mengenai Cara mencegah Bercak Putih di Lidah Bayi. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai urutan yang benar ketika memandikan bayi.

Cara mencegah Bercak Putih di Lidah Bayi | | 4.5