Cara mencegah kematian mendadak bayi saat tidur

Setiap orangtua harus tahu cara mencegah kematian mendadak bayi saat tidur. Mungkin anda pernah mendengar istilah SIDS atau sudden infant death syndrome. Ini adalah kematian mendadak pada bayi sehat di bawah satu tahun tanpa ada gejala apa pun sebelumnya.

Bayi yang beresiko mengalami kematian mendadak adalah bayi prematur, bayi yang berat badannya kurang ketika dilahirkan, bayi kembar, dan bayi yang lahir dari ibu yang berusia dibawah 20 tahun.

Cara mencegah kematian mendadak bayi saat tidur

Beberapa cara mencegah kematian mendadak bayi saat tidur.

Pastikan ventilasi udara yang baik dalam kamar bayi.

Pastikan suhu ruangan bayi selalu sejuk dan tidak panas.

Tidurkan atau tempatkan bayi dengan posisi telentang, bukan tengkurap atau miring karena bisa menghambat pernapasan bayi.

Jauhkan mainan atau bantalnya dari tempat tidur karena dikhawatirkan dapat mengganggu jalan pernapasan ketika wajah bayi Anda tertutup benda-benda tersebut.

Jadikan kamar anak bebas asap rokok dan polusi udara.

Pakaikan pakaian yang tipis dan nyaman untuk mencegah anak kepanasan.

Beri dot pada bayi setelah menyusui. Dot yang ada di mulut bayi mencegahnya mengalami resiko tercekik.

Pilih kasur yang padat dan dilapisi sprei yang pas dan tidak kebesaran. Karena sprei yang kebesaran beresiko menjerat leher bayi.

Pastikan pembatas di tempat tidur bayi terpasang dan terkunci dengan baik.

Demikian informasi mengenai Cara mencegah kematian mendadak bayi saat tidur. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai berbagai perkembangan yang dialami anak umur 6 tahun.

Cara mencegah kematian mendadak bayi saat tidur | | 4.5