Cara menciptakan suasana belajar

Cara menciptakan suasana belajar yang efektif memang ditentukan banyak hal. Sebelumnya kita harus mengenrti dulu pengertian suasana belajar.

Cara menciptakan suasana belajar dapat berupa penerapan hubungan perasaan dalam pribadi yang disosialisasikan ke dalam pola pola interaksi, seperti reaksi emosional terhadap kelompok, rasa puas terhadap kelompok, rasa frustrasi dan sebagainya, dimana interaksi akan dapat menimbulkan suasana belajar yang membahagiakan bagi anak. Hal ini berarti bahwa setiap peserta didik dan guru saling menghormati, menghargai dan berinteraksi.

Cara menciptakan suasana belajar di kelas

Cara menciptakan suasana belajar yang kondusif di dalam kelas.

Cara menciptakan suasana belajar yang hidup di dalam kelas, guru perlu melakukan perubahan paradigm pembelajaran, dan merubah gaya dalam berinteraksi di kelas (seperti gaya interaksi diktkator, liberal dan demokratis) sebab gaya yang digunakan oleh guru dalam mengajar mempengaruhi suasana kelas selama proses pembelajaran berlangsung, dan guru berupaaya menciptakan lingkungan yang dapat membuat murid belaajr hal hal seperti mendorong dan memberanikan anak untuk berinteraksi satu sama lain, memulai pembelajaran yang memberikan suasana untuk terciptanya hubungan yang kooperatif, dan memberikan kesempatan kepada anak untuk banyak berpartisipasi dalam belajar sehingga anak menjadi bergairah dalam belajar, meningkatkan prestasi anak dan lebih memungkinkan guru memberikan bimbingan.

Selain itu, guru perlu mengajak anak untuk mengyadari, bahwa atmosfer pembelajaran seperti disebutkan sebelumnya itu akan terwujud apabila anak memiliki tanggung jawab yang besar bagi kemajuan dirinya sendiri. Apabila guru dan anak sudah mengalami perubahan sikap yang demikian, maka kegiatan pembelajaran akan menjadikan anak yang selalu bersemangat mendemonstrasikan kemampuannya, dan mencari kesempatan untuk memamerkan hasil belajarnya. Perubahan paradigm seperti inilah yang ingin diwujudkan di dalam suasana belajar yang baik.

Cara menciptakan suasana belajar yang kondusif

Menurut konsep konstruktivisme, pengetahuan seseorang bersifat emporer, terus berkembang terbentuk dengan mediasi masyarakat dan budaya. Oleh karena itu cara menciptakan suasana belajar yang efektif harus diketahui oleh seluruh pendidik. Pengetahuan itu tidak pernah berhenti berkembang. Pengetahuan dalam diri seseorang terbentuk ketika seseorang mengalami tempaan kognitif. Melalui perspektif ini belajar dapat dipahami sebagai proses terbentuknya konflik kognitif yang bergulir dengan sendirinya dalam diri seseorang ketika yang bersangkutan memperoleh pengalaman kongkrit, wacana kolaboratif, dan kegiatan melakukan refleksi.

Suasana belajar adalah bagian dari proses pembelajaran atau bagian dari pengaturan lingkungan belajar agar anak dapat berinteraksi dan dapat belajar sebagaimana mestinya. Salah satu pengertian pembelajaran adalah pengaturan lingkungan agar terjadi proses belajar, adanya makna proses, peristiwa eksternal, adanya komponen pembelajaran, dan ada yang mengelola komponen komponen menjadi satu kesatuan yang dapat mendorong seseorang melakukan kegiatan belajar.

Suasana belajar yang menyenangkan akan memunculkan sikap sungguh sungguh pada anak. Jika anak belajar dengan sungguh sungguh maka struktur internal sistem saraf kimiawi seseorangpun berubah, dan terjadi koneksi baru.

Cara menciptakan suasana belajar

Berdasarkan hubungan pengertian diatas dapat dikatakan bahwa suasana belajar adlaah suatu situasi yang dapat menimbulkan bangkitnya minat belajar anak, saling berinteraksi, keterlibatan anak secara penuh, belajar menjadi bermakna, membahagiakan anak dalam belajar, menghasilkan sesuatu yang baru, terjadi perubahan pada anak.

Demikian informasi mengenai cara mencitpakan suasana belajar. Untuk mengetahui artikel terbaru lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai menciptakan suasana belajar kondusif.

Cara menciptakan suasana belajar | | 4.5