Cara mendidik anak belajar di rumah

Cara mendidik anak belajar di rumah memang berbeda beda tergantung dari cara ibu mengajarkan anaknya. Salah satu faktor penunjang untuk meningkatkan prestasi belajar anak di sekolah adalah adanya proses belajar yang efektif. Proses belajar dapat berlangsung efektif jika orangtua bersama guru mengetahui tugas yang akan dilaksanakan mengenai proses belajar.

Perubahan yang dialami seseorang karena hasil belajar menunjukkan suatu proses kedewasaan perubahan yang mungkin terjadi. Sebagai contoh agar seseorang dari tidak tahu menjadi tahu cara mengendarai sepeda, maka ia harus belajar sepeda secara efektif.

Cara mendidik anak belajar

Cara mendidik anak belajar di rumah secara efektif

  1. Belajar merupakan hubungan antara anak dan lingkungan. Dari lingkungan, anak memilih sesuatu yang dibutuhkan dan dapat dipergunakannya untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Oleh karena itu, dengan menyediakan suatu lingkungan belajar yang kaya akan rangsangan rangsangan berarti membantu anak dalam pertumbuhan dan perkembangannya. Lagi pula kesanggupan memilih sesuatu yang dibutuhkan anak sesuai dengan minat dan kesanggupannya, membawa anak ke arah kesanggupan anak untuk mengarahkan diri.
  2. Cara mendidik anak belajar di rumah dengan berbuat. Suatu kegiatan bermain, berbuat, atau bekerja menggunakan alat alat, membuat banyak hal menjadi jelas. Karena dengan berbuat, anak menghayati sesuatu dengan seluruh indra dan jiwanya. Konsep konsep menjadi terang dan dipahami oleh anak. Dengan demikian betul betul menjadi milik anak.
  3. Belajar berarti mengalami. Belajar berarti mengalami atau menghayati sesuatu yang dapat menimbulkan respons respons tertentu. Dengan pengalaman berulang ulang, belajar akan efektif, teknik akan menjadi lancer, konsep semakin lama semakin terang, dan generalisasi semakin mudah disimpulkan. Oleh karena itu guru atau orang tua dalam mengajar dianjurkan untuk memberikan kesempatan paa anak untuk mengalami di samping mendengar. Sebab belajar adalah salah satu proses pertumbuhan yang memerlukan waktu dan pengalaman.
  4. Cara mendidik anak belajar di rumah dengan suatu aktifitas yang bertujuan. Agar tujuan pendidikan yang dirumuskan tercapai, maka pengajaran harus menimbulkan aktivitas dan kesadaran anak didik. Sebab dengan aktivitas dapat diperoleh pengalaman baru yang kelak bisa menjadi landasan berbuat. Dengan semakin meningkatnya aktivitas, pengalaman anak akan semakin meningkat pula, yang kelak akan mempengaruhi kesadarannya. Kesadaran yang meningkat akan menjadi pendorong bagi aktivitas berikutnya. Oleh karena itu, sebaiknya diusahakan agar tugas tugas yang akan diberikan kepada anak dapat diketahui makna, tujuan dan disadari manfaatnya.
  5. Cara mendidik anak belajar di rumah dengan memberikan motivasi. Berdasarkan filsafat pendidikan, anak adalah manusia yang membutuhkan bantuan agar kemungkinan yang terdapat dalam dirinya dapat berkembang secara harmonis. Anak didik membutuhkan bantuan untuk berkembang, seperti kebutuhan untuk mengetahui dan menyelidiki, memperbaiki prestasi, serta kebutuhan untuk mendapatkan kepuasan atas hasil pekerjaannya. Dengan memenuhi kebutuhannya, akan memotivasi anak untuk melakukan suatu kegiatan. Motivasi dapat dirangsang dengan dua cara. Yang pertama dengan merencanakan kegiatan belajar anak dengan memperhitungkan kebutuhan minat, dan kesanggupan anak. Yang kedua yaitu menggunakan perencanaan bersama anak.
  6. Belajar memerlukan kesiapan. Kesiapan yang dimaksudkan disini adalah kondisi pada saat anak sudah matang dan sudah mengetahui apa yang diperlukan untuk menerima tugas perkembangan atau pelajaran baru. Dengan kata lain, jika ada keingingan untuk belajar, baik di rumah maupun di sekolah, kecepatan anak dalam belajar akan bertambah. Jika anak belum siap atau belum matang untuk menerima pelajaran, guru atau orang tua seharusnya tidak memaksa mereka untuk belajar. Karena jika dipaksakan akan terjadi hal hal berikut.

–  Pemborosan tenaga dan hasilnya tidak seperti yang diharapkan.

–  Membuat anak malas belajar, karena merasa tidak mampu.

–  Anak akan merasa bodoh. Maksudnya, jika anak berhasil dipaksa belajar, kemungkinan besar anak berpendapat bahwa belajar itu merupakan hal yang mudah. Akibatnya anak menjadi malas. Jadi jelas bahwa kesiapa belajar pada anak menuntut adanya kesiapan emosional, intelektual dan sosial. Dengan keadaan ini anak merasa siap dan sanggup untuk menerima tugas perkembangan atau pelajaran baru.

Cara mendidik anak belajar lengkap

  1. Belajar adalah berpikir dan menggunakan daya pikir.
  2. Cara mendidik anak belajar di rumah dengan mengingat.
  3. Cara mendidik anak belajar di rumah dengan latihan. Untuk memperoleh suatu ketangkasan atau keterampilan biasanya diperlukan latihan berkali kali atau terus menerus terhadap apa yang dipelajari. Karena hanya dengan melakukan secara teratur, pengetahuan tersebut dapat disempurnakan. Namun, pemberian latihan harus disesuaikan dengan kebutuhan, agar terhindar dari rasa jenuh. Latihan yang tepat akan memperkuat daya ingat. Bukan saja daya ingat dalam arti rohaniah, melainkan juga dalam arti jasmaniah, misalnya mengingat gerak gerik tangan dan jari dalam menulis. Semakin banyak menulis, anak semakin mudah belajar. Dengan kata lain dengan menulis anak belajar mengingat kembali. Dengan mengetahui komponen komponen proses belajar mengajar, orang tua dan guru akan lebih mudah dalam meningkatkan prestasi belajar anak.

Demikianlah informasi mengenai cara mendidik anak belajar di rumah. Untuk melihar artikel terbaru silahkan lihat di Home. Artikel berikutnya mengenai cara menghadapi anak kurang pintar.

Cara mendidik anak belajar di rumah | | 4.5