Cara mendidik anak hidup hemat

Setiap orangtua perlu tahu cara mendidik anak hidup hemat. Di jaman yang semakin sulit ini, tidak ada salahnya mendidik anak agar hemat sejak dini seperti mematikan lampu, tv atau peralatan elektronik lainnya ketika tidak digunakan. Menyimpan sisa uang jajan atau menghemat buku tulis agar bisa digunakan kembali.

Cara mendidik anak hidup hemat

Beberapa cara mendidik anak hidup hemat

1. Mulailah mendidik anak tentang kebutuhan mendasarnya dan rencanakan.

Tidak ada salahnya mendidik anak agar tahu kebutuhan dasarnya dan rencana anak dalam waktu dekat. Ini dimaksudkan agar anak tahu bahwa untuk mencapai sesuatu harus dimulai dengan perencanaan dan usaha yang matang. Ajarkan anak jika ingin mendapat lebih, maka harus berencana lebih matang dan berusaha lebih giat lagi.

2. Mendidik anak untuk selalu bersyukur.

Ketika anak belajar bersyukur, tentu apapun keadaanya menjadi cukup. Meskipun orang lain mengatakan kurang. Ajarkan anak untuk melihat keadaan orang yang lebih sulit dari keadaannya sehingga anak tidak gelap mata ketika melihat benda atau mainan yang diinginkannya.

3. Ajarkan pada anak bahwa boros itu adalah perbuatan setan.

Tentu anak anak sangat takut dengan setan. Ketika orangtua mengajarkan bahwa perbuatan mubadzir dan boros itu adalah perbuatan setan, maka anak akan mengingatnya dengak kuat dan akan mendorong anak untuk lebih hemat.

4. Mulailah dari diri orangtua sendiri.

Bagaimana mungkin anda ingin anak anda hemat sedangkan orangtuanya banyak menghabiskan uang untuk hal yang tidak penting? Orangtua sering menonton tv hingga larut malam sehingga lupa mematikan tv? Ibu sering membiarkan air keran mengalir terus? Jika ingin anak hidup hemat, maka harus dimulai dari orangtuanya dulu.

5. Ajarkan anak untuk membeli apa yang ia butuhkan, bukan yang ia inginkan. Ketika anak membeli mainan yang sudah dimilikinya, maka katakan padanya bahwa kan sudah ada permainan sejenis yang masih bagus di rumah.

6. Berikan hadiah ketika anak bisa berperilaku hemat.

Ketika anak berhasil menyimpan setengah dari total uang sakunya setiap hari selama sebulan, ayah bisa membelikan barang yang disukainya. Meskipun sederhana, perbuatan ini akan terus mendorong anak agar hidup hemat.

beberapa Cara mendidik anak hidup hemat

Demikian informasi mengenai cara mendidik anak hidup hemat. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai cara meningkatkan kemampuan mengingat anak sejak dini.

Cara mendidik anak hidup hemat | | 4.5