Cara mendidik anak nakal di sekolah

Anak nakal di sekolah memang banyak, namun kita akan kerepotan jika hal itu terjadi setiap harinya. Ada beberapa cara agar anak nakal tersebut berubah menjadi baik setelah kita melakukan beberapa hal kepadanya. Sehingga jumlah anak nakal di sekolah setiap hari selalu berkurang. Anak usia sekolah merupakan bagian lanjutan dari proses perkembangan dalam dirinya.

Mulai dari psikologis, fisik hingga menemukan hal-hal baru yang tidak bisa ditemukan di rumah. Namun seringkali anak anak bersikap dan  berbuat nakal. Seringkali guru atau wali kelas yang harus bertindak untuk meluruskan sikap anak nakal di sekolah demi memberikan kesempurnaan pendidikan anak.

mengatasi anak nakal di sekolah

Untuk mengatasi anak nakal di sekolah, sebagai guru atau wali kelas, kita harus memperhatikan penyebabnya terlebih dahulu. Sebagai guru yang baik, jangan langsung memberikan hukuman pada anak tersebut, karena anak-anak merupakan pribadi yang masih polos dan belum mengetahui apa arti nakal sebenarnya. Anak merupakan manusia yang melakukan sesuatu atas apa yang dilihat, didengar dan dirasakannya. Sehingga memberikan hukuman bukanlah jawaban atau solusi yang tepat.

Mengatasi anak nakal di sekolah dari penyebabnya

Cara mengatasi anak nakal di sekolah yang pertama adalah dengan memperhatikan perilakunya di dalam kelas. Dalam hal ini, guru harus benar-benar sabar saat mengamati perilaku menyimpang sang anak. Ketika telah ditemukan penyebab nakal anak, apakah sepenuhnya kesalahannya atau apakah memang anak tersebut yang memulai masalah dengan temannya.

Setelah jawabannya  ditemukan, guru sebaiknya mengajak bicara anak dengan hati-hati dan penuh kasih sayang. Ajak dia berbicara dalam suasana yang hangat, dan tidak mengintimidasinya. Tanyakan penyebab anak berbuat kenakalan. Penyebab kenakalan bisa terlahir dari dalam lingkungan keluarga yang tidak sengaja dicontoh, tayangan televisi dan lain-lain.

penyebab anak nakal di sekolah

Seorang guru hendaknya memberikan himbauan pada orang tua agar apa yang dilihat, didengar dan dirasakan anak bersifat positif dan tidak mengarah pada kekerasan. Cara mengatasi anak nakal ini harus disertai dengan menganjurkan saling mengoreksi diri sesama orang tua. Sehinga pendidikan di rumah maupun di sekolah menjadi kondusif dan efektif bagi sang anak.

Cara mengatasi anak nakal di sekolah dengan memahami permasalannya

Anak merupakan manusia yang peka dengan begitu polosnya menunjukkan apa saja yang dirasa dan dipelajarinya. Sikap kurang peka dan perhatiannya orang tua dapat menjadi penyebab kenakalan anak. Kenakalan anak di sekolah bisa merupakan bentuk penyikapan anak dalam meminta perhatian lebih pada orang orang yang disekitarnya.

menghadapi anak nakal di sekolah

Jika hal ini terjadi maka seorang guru sebaiknya memberikan perhatian lebih pada anak karena tugas guru adalah sebagai pengganti orang tua di sekolah. Cara mengatasi anak nakal adalah dengan memperhatikan segala kebutuhan, mengingat namanya, menemaninya saat kesepian dan berbicara lembut. Hadapi anak nakal dengan tersenyum padanya, menggandeng tangannya dan memegang bahunya.

Demikian informasi mengenai cara mendidik anak nakal di sekolah. Untuk melihat artikel terbaru silahkan kunjungi home, artikel berikutnya mengenai berbagai cara mengatasi anak nakal.

Cara mendidik anak nakal di sekolah | | 4.5