Cara mendidik anak yang terlibat masalah di sekolah

Setiap orangtua harus tahu cara mendidik anak yang terlibat masalah di sekolah. Ketika orangtua marah, maka masalah hanya akan semakin besar. Perlu diketahui bahwa setiap kejadian buruk yang menimpa anak disekolah bukan sepenuhnya salah anak. Ada juga guru, pihak sekolah, dan teman temannya yang punya peran dalam masalah yang dialami anak. Jadi jangan langsung menyalahkan anak.

Cara mendidik anak yang terlibat masalah di sekolah

Beberapa cara mendidik anak yang terlibat masalah di sekolah

1. Jangan marah, lalu fokus pada permasalahan anak.

Jika orangtua emosi, maka persoalan menjadi keruh dan hanya akan menambah persoalan baru. Dengan fokus pada permasalahan anak bukan berarti kita harus membela anak, tetapi fokus pada apa yang mengganggu anak di sekolah.

2. Berbicara terus terang dengan pihak sekolah.

Daripada langsung menyalahkan guru dan pihak sekolah, lebih baik berbicara terus terang dengan mereka. Ajak bicara wali kelasnya. Tanya apa yang menjadi pokok permasalahannya. Lalu sesuaikan dengan apa yang diceritakan anak.  

3. Orangtua harus bisa menjadi tempat curhat anak di rumah.

Berapa banyak anak yang mogok ke sekolah karena ada masalah di sekolah. Dan orangtua bukan menjadi tempat cerita yang nyaman bagi banyak anak. Orangtua yang marah justru akan menambah rasa bersalah dan takut anak pada lingkungan sekolah. Jika orangtua tetap pada wataknya yang keras, maka hanya akan menambah masalah.

4. Selalu menghargai setiap perubahan positif pada anak.

Orangtua juga perlu berterima kasih pada wali kelas dan gurunya apabila terdapat perubahan positif yang dialami anak. Juga berikan hadiah kepada anak atas apa yang telah diraihnya. Sebagai orangtua, kita harus bisa melihat potensi anak dan merubah kekurangannya menjadi kelebihannya.

5. Selalu teliti terlebih dahulu sebelum menerima bulat bulat pernyataan anak tentang masalah di sekolah.

Mungkin anak hanya melebih lebihkan masalah agar mendapat dukungan dari orangtuanya. Anak mungkin melebih lebihkan cerita dengan sikap guru yang buruk saat mengajar, kamar mandi yang kotor, hukuman fisik yang diterimanya sehingga orangtua tersulut amarahnya. Tidak ada salahnya mencari informasi lebih mengenai masalah anak dengan guru, teman dan pihak sekolahnya.

beberapa Cara mendidik anak yang terlibat masalah di sekolah

Demikian informasi mengenai cara mendidik anak yang terlibat masalah di sekolah. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai cara melatih gerakan dasar pada balita.

Cara mendidik anak yang terlibat masalah di sekolah | | 4.5