Cara Mengajarkan Matematika pada Anak

Cara mengajarkan matematika pada anak haruslah dengan mengikuti gaya bermain anak tersebut. Mengajar adalah suatu perbuatan yang memerlukan tanggung jawab moral yang cukup berat. Berhasilnya pengajaran matematika sangat tergantung pada pertanggungjawaban guru dalam melaksanakan tugasnya. Mengajar merupakan suatu perbuatan atau pekerjaan yang unik, tetapi sederhana.

Terlebih lagi cara mengajarkan matematika pada anak tidaklah mudah. Perlu kesabaran dan ketekunan sampai anak bisa. Karena berkenaan dengan manusia yang belajar, yaitu siswa dan yang mengajar, yaitu guru, sekaligus bertalian erat dengan manusia dalam masyarakat yang kesemuanya menunjukkan keunikan. Sederhana akrena mengajar dilaksanakan dalam keadaan praktis dalam kehidupan sehari hari, serta mudah membimbing siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Bisa juga dikatakan bahwa mengajar merupakan suatu usaha mengorganisasi lingkungan dalam hubungannya dengan anak didik dan bahan pengajaran yang menimbulkan terjadinya proses belajar.

cara mengajarkan matematika pada anak

Cara Mengajarkan Matematika pada Anak usia dini

Pengertian ini mengandung makna bahwa guru dituntut untuk dapat berperan sebagai organisator kegiatan belajar siswa yang mampu memanfaatkan lingkungan, terutama yang ada di kelas, yang dapat menunjang kegiatan belajar mengajar. Karena guru adalah orangtua yang bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas di sekolah. Di sekolah, guru dipandang oleh anak sebagai orang yang serba tahu dan serba mampu. Guru adalah tokoh yang paling utama dalam membimbing anak di sekolah. Khusus untuk guru yang mengajar matematika sebaiknya ia berusaha tampil denan penampilan dan sikap yang baik, agar matematika yang diajarkan dapat menarik minat siswa. Dalam hal ini sebaiknya diusahakan tidak terlalu formal dan disiplin, agar anak tidak takut dengan pelajaran matematika tersebut.

Bertitik tolak dari pentingnya seorang guru di sekolah dalam mengajar matematika, karena pusat pengajaran matematika adalah pemecahan masalah, dan salah satu faktor pendukung berhasil atau tidaknya pengajaran matematika adalah dengan menguasai teori belajar mengajar, berikut ini diuraikan beberapa teori belajar matematika.

Demikian informasi mengenai cara mengajarkan matematika pada anak. Untuk melihat artikel terbaru silahkan lihat di Home. Artikel berikutnya mengenai teori bruner dalam matematika.

Cara Mengajarkan Matematika pada Anak | | 4.5