Cara mengobati sendiri anak yang sakit di rumah

Setiap orangtua harus tahu cara mengobati sendiri anak yang sakit di rumah. Apalagi yang dialami anak adalah beberapa penyakit yang biasa menyerang anak.

Cara mengobati sendiri anak yang sakit di rumah

Beberapa cara mengobati sendiri anak yang sakit di rumah.

Anak yang demam. Demam biasanya muncul beserta dengan pilek, batuk, pasca imunisasi, diare atau mulai tumbuh gigi. Pertama kali ibu harus mengecek apakah panasnya 38 derajat celsius atau lebih. Jika ia, segera bawa ke rumah sakit untuk penanganan lebih lanjut. Jika suhunya masih berada di bawah 37,5 derajat celcius, ibu bisa mengompresnya dengan memberikan obat penurun panas yang sesuai dengan umurnya. Bila tidak mereda juga setelah 2 hari, segera bawa ke dokter.

Anak mengalami batuk, pilek atau flu. Ini biasanya disebabkan perubahan cuaca atau kondisi tubuh anak yang menurun. Untuk mengatasinya anak harus banyak istirahat dan mengonsumsi banyak cairan.

Diare. Anak mengalami diare apabila sudah 3 kali atau lebih anak buang air besar dalam sehari. Diare biasanya disebabkan karena pemberian makanan padat yang terlalu dini, kurang bersihnya makanan, kegemaran anak memasukkan benda kemulut atau karena penyakit tertentu. Berikan terus makanan yang baik untuk kesehatannya sambil memberi oralit untuk mengatasi kekurangan elektrolit dan air dalam tubuhnya.

Tanda tanda anak mengalami dehidrasi karena diare yaitu anak tampak rewel dan gelisah, mata nampak cekung, bibir kering, tidak keluar air mata ketika menangis, kaki dan tangan dingin, kencing nya berkurang, sesak napas dan kejang. Jika ini terjadi segera bawa ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Demikian informasi mengenai Cara mengobati sendiri anak yang sakit di rumah. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai pertolongan pertama ketika anak tersedak.

Cara mengobati sendiri anak yang sakit di rumah | | 4.5