Cara meningkatkan kemampuan mengingat anak sejak dini

Setiap orangtua perlu tahu cara meningkatkan kemampuan mengingat anak sejak dini. Hal ini penting untuk proses menyerap pelajaran yang diberikan guru dan juga untuk masa depannya kelak. Jika kemampuan mengingat anak sudah baik, maka akan berpengaruh baik pula ke potensi kecerdasan anak yang lain seperti kecerdasan emosi, mental, seni dan kecerdasan spiritualnya.

Cara meningkatkan kemampuan mengingat anak sejak dini

Beberapa cara meningkatkan kemampuan mengingat anak sejak dini.

Ajarkan anak untuk berpikir kritis, kreatif, ekspresif terlebih dahulu.

Betapa banyak orang yang memiliki daya ingat yang tinggi karena dimulai dari kemampuan berpikir kritis, kreatif dan ekspresifnya terlebih dahulu. Oleh karena itu jangan melarang anak jika anak banyak bertanya, karena itu akan membunuh kemampuan berpikir kritisnya.

Perbaiki kemampuan anak mengendalikan emosi.

Dipercaya atau tidak bahwa orang pemarah adalah orang yang pelupa. Oleh karena itu penting bagi orangtua untuk mengajarkan anak agar tak mudah marah meski sejak usia dini.

Belikan anak mainan penambah daya ingat.

Mainan yang dimainkan anak bisa merangsang daya pikir dan daya ingat anak. Jadikan saat bermain menjadi saat anak belajar dengan cara yang menyenangkan. Kalau perlu orangtuanya juga ikut bermain.

Ajak anak untuk menghapal hal yang ringan terlebih dahulu.

Orangtua bisa mengajarkan anak untuk menghapal kegiatan penting yang harus dilakukan anak setiap harinya. Kemudian orangtua bisa pura pura lupa lalu bertanya pada anak tentang apa yang dilupakan oleh orangtuanya.

Ajarkan anak untuk menghapal urutan cara pembuatan makanan yang disukainya.

Misalnya anak suka dengan perkedel jagung. Ibu bisa memberi tahu anak apa saja resep dan urutan memasaknya dan meminta anak untuk mengingatnya. Sehingga ketika anak ingin makan makanan kesukaannya ia bisa membuatnya sendiri karena sudah ingat apa yang perlu ia lakukan.

Yang paling penting adalah ajarkan anak untuk memahami sesuatu sebelum menghapalnya.

Dengan pemahaman mendalam tentang sesuatu, maka kemampuan anak mengingat hal tersebut pun akan jauh lebih baik.

Jika orangtua mampu membuat anaknya memiliki kemampuan daya ingat yang baik semasa kecil, maka di masa depan anak akan mempunyai long term memory yang baik.

beberapa Cara meningkatkan kemampuan mengingat anak sejak dini

Demikian informasi mengenai cara meningkatkan kemampuan mengingat anak sejak dini. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai cara menciptakan suasana rumahku surgaku.

Cara meningkatkan kemampuan mengingat anak sejak dini | | 4.5