Cara menjawab pertanyaan sulit dari anak

Setiap calon orangtua harus tahu cara menjawab pertanyaan sulit dari anak. Ketika orangtua menyaksikan tingkah lucu si kecil mungkin menyenangkan hati. Namun ada kalanya anak menanyakan hal yang seharusnya belum perlu untuk mereka ketahui. Dengan majunya teknologi seperti sekarang ini, anak menjadi lebih cepat kritis dan dewasa. Sehingga sering muncul pertanyaan sulit yang keluar dari bibir mungil mereka. Berikut ini beberapa cara menjawab pertanyaan sulit dari anak.

Cara menjawab pertanyaan sulit dari anak

Beberapa cara menjawab pertanyaan sulit dari anak.

Pertanyaan Anak Mengenai Tuhan.

Ketika anak menanyakan perihal Tuhan pada orangtua, orangtua mungkin sedikit kewalahan untuk menjawab pertanyaan ini. Anak mungkin saja bertanya siapa Tuhan itu, kenapa harus menyembah-Nya begitu sering, dimana Tuhan atau hal sulit lainnya. Tapi ibu bisa meniru jawaban ini.

“Nak, Tuhan adalah pencipta langit, bumi dan apa yang ada diantara keduanya. Kucing, anjing, binatang lainnya, udara, air atau apapun itu yang ada pasti Tuhan yang menciptakannya. Menyembah tuhan adalah cara manusia untuk bersyukur atas setiap pemberianNya. Tuhan berada di setiap hati manusia jadi kemanapun kamu pergi, Tuhan pasti bersama kamu dan selalu mengawasi tindak tanduk kamu”.

Ketika orangtua bisa menjawab pertanyaan ini dengan benar, maka secara tidak langsung orangtua merangsang kecerdasan spiritual anak dan mendidik anak menjadi orang beragama.

Pertanyaan Anak Tentang Kematian

Mungkin si kecil menanyakan hal ini ketika ia melihat kucing peliharaannya mati, ada berita kematian atau tetangga meninggal. Karena itu muncul perasaan takut bagaimana jika orangtua dan orang yang disayanginya meninggal. Ketika anak bertanya mengapa orang harus mati, orangtua bisa menjelaskan dengan berkata “apa yang kamu khawatirkan dari kematian?”. “Kan selalu ada orang yang akan menjaga dan menyayangi kamu jika orangtua juga meninggal”.

Pertanyaan tentang asal usul dirinya

Ini adalah pertanyaan paling poluer yang ditanyakan setiap anak kecil. Ibu dan ayah harus pandai pandai menjelaskan hal ini karena tidak seharusnya orangtua menjelaskan proses hubungan seksual pada anak. Jawaban terbaik untuk menjawab pertanyaan ini adalah dengan menjelaskan bahwa sebelum ia ada, ia berada di perut ibu selama sembilan bulan, lalu ayah dan ibu pergi ke rumah sakit dan kamu pun dilahirkan. Ketika ibu menjelaskan dengan jawaban ini, maka anak akan mudah mengerti. Karena anak pasti melihat ibu lain hamil atau melihat binatang peliharaanya memiliki perut buncit seperti hamil.

Pertanyaan mengenai jenis kelamin

Pertanyaan ini muncul ketika anak mengetahui perbedaan antara ayah dan ibu. Anak mungkin bertanya kenapa ada laki laki dan perempuan, kenapa harus berbeda dan lain sebagainya. Untuk menjawab pertanyaan ini, ibu bisa menjelaskan bahwa Tuhan telah menciptakan segala sesuatu dengan berpasang pasangan namun saling melengkapi. Sama seperti ayah dan ibu, kami berbeda namun saling melengkapi satu sama lain.

Demikian informasi mengenai cara menjawab pertanyaan sulit dari anak. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai daftar makanan yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil.

Cara menjawab pertanyaan sulit dari anak | | 4.5