Cara menyusui yang benar saat hamil

Setiap ibu perlu tahu cara menyusui yang benar saat hamil. Ibu kembali hamil ketika sedang memberikan ASI eksklusif, bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan. Karena pemberian ASI eksklusif sangat banyak manfaatnya pada bayi hingga bayi berusia 6 bulan. Atau ibu bisa memberikan ASI ekslusif hingga bayi berusia 2 tahun.

beberapa Cara menyusui yang benar saat hamil

Beberapa cara menyusui yang benar saat hamil

Buat jadwal rutin untuk selalu konsultasi dengan dokter.

Jika ibu tetap ingin menyusui ketika hamil, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dan memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter atau bidan. Dokter atau bidan bisa menentukan dan membantu Ibu untuk melakukan langkah selanjutnya. Apabila kondisi Ibu sehat dan janin di dalam kandungan baik, mungkin dokter atau bidan akan memperbolehkan Ibu lanjut menyusui Kakak.

Terus penuhi asupan nutrisi.

Terlebih lagi kebutuhan kalori. Kalori memang tidak terlalu dibutuhkan saat trimester pertama, namun pada trimester kedua dan ketiga akan membutuhkan asupan kalori tambahan.

Ajar anak untuk mulai mengkonsumsi MPASI.

Ketika ibu tetap menyusui ketika hamil, maka produksi ASI akan menjadi lebih sedikit. Hal ini akan membuat anak cepat lapar. Jika anak sudah ada di usia 6 bulan keatas, ibu bisa mulai memberikan MPASI agar kebutuhan nutrisi anak tercukupi.

Perhatikan setiap kondisi dan posisi saat menyusui.

Perubahan hormon dalam diri ibu bisa membuat puting ibu lebih sensitif sehingga membuat menyusui terasa tidak nyaman, bahkan cenderung sakit. Posisi pemberian ASI harus juga dipertimbangkan karena ada janin yang tumbuh dalam rahim ibu.

Jaga perasaan dan kondisi hati.

Melakukan hal yang itu itu saja sekaligus untuk waktu yang lama sudah pasti membuat ibu bosan. Pada saat ini dibutuhkan peran penting sang ayah untuk selalu menghibur, mendukung dan memberikan yang terbaik pada ibu. Jika emosi ibu stabil tentu berdampak positif bagi ibu, janin maupun si kakak.

Cara menyusui yang benar saat hamil

Demikian informasi mengenai cara menyusui yang benar saat hamil. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai cara mendapatkan hubungan intim yang luar biasa.

Cara menyusui yang benar saat hamil | | 4.5