Cara merawat berbagai masalah kulit saat hamil

Setiap ibu hamil perlu tahu cara merawat berbagai masalah kulit saat hamil. Ini dilakukan agar penampilan ibu tetap menarik bahkan setelah melahirkan dan sudah punya banyak anak.

Cara merawat berbagai masalah kulit saat hamil

Beberapa cara merawat berbagai masalah kulit saat hamil.

Masalah stretch mark. Sebanyak 80% ibu hamil akan mengalami stretch mark pada saat usia kehamilan memasuki trimester ketiga. Stretch mark ini bisa muncul di perut, bokong, paha dan payudara yang berbentuk seperti guratan berupa garis merah pucat atau putih. Stretch mark ini muncul akibat pembesaran tubuh ibu saat hamil yang dilakukan oleh kulit. Stretch mark bisa timbul disertai dengan gatal gatal namun akan mulai memudar namun tidak hilang sepenuhnya.

Untuk memudarkan bekas stretch mark ini, ibu bisa mengoleskan losion khusus stretch mark atau krim yang mengandung aloe vera dan vitamin E setiap harinya. Dengan mengoleskan obat ini maka kelembapan kulit akan terjaga sehingga ibu akan terhindar dari gatal gatal.

Masalah hiperpigmentasi atau warna kulit yang menjadi lebih gelap akibat terjadinya peningkatan pigmen melanin. Perubahan warna kulit menjadi lebih gelap ini terjadi pada wajah, payudara, ketiak, vagina, paha, dan pusar. Masalah kulit ini akan lebih terlihat pada ibu yang berkulit gelap.

Cara menghindarinya yaitu dengan lindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung. Dan ketika berada di luar ruangan selalu oleskan tabir surya yang mengandung anti UV-A dan UV-B.

Masalah varises. Varises terjadi karena pengaruh hormon progesteron yang menyebabkan pembuluh darah di tubuh ibu melebar dan membengkak yang biasanya terjadi di kaki. Masalah varises ini bisa muncul saat usia kehamilan memasuki trimester kedua.

Cara menghindarinya yaitu dengan tetap rajin berolahraga agar peredaran darah tetap lancar. Cukup berolahraga ringan 30 menit setiap paginya. Olahraga ringan yang dilakukan setiap hari juga bisa menghindari kenaikan badan secara berlebihan yang juga bisa memicu munculnya varises.

Munculnya jerawat. Ketika hamil, tubuh ibu meningkatkan jumlah produksi hormon androgen yang merangsang kulit untuk menghasilkan lebih banyak minyak. Jika ibu tidak membersihkan wajah secara teratur maka akan timbul jerawat.

Cara mencegahnya yaitu mencuci wajah 3 kali sehari menggunakan pembersih wajah yang aman untuk ibu hamil. Jangan memencet jerawat hingga pecah, karena ini hanya akan memperparah kondisinya.

Demikian informasi mengenai Cara merawat berbagai masalah kulit saat hamil. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai menyesuaikan kegiatan anak sesuai dengan bidang kepintarannya.

Cara merawat berbagai masalah kulit saat hamil | | 4.5