Cara orangtua merawat anak dalam masa puber

Setiap orangtua harus tahu cara orangtua merawat anak dalam masa puber. Perlu diketahui, masa puber adalah masa dimana sudah matangnya organ-organ reproduksi, sehingga secara fisik-biologis remaja sudah siap untuk melahirkan keturunan. Masa pubertas pada perempuan lebih cepat yaitu 12-14 tahun dan 13-15 tahun untuk anak laki laki.

Pada masa inilah, anak perempuan mengalai menstruasi dan anak laki laki mengalami mimpi basah. Dan ketertarikan pada lawan jenis menjadi lebih kuat. Perubahan perilaku, fisik, dan suasana hati yang gampang berubah ubah. Ajarkan anak yang memasuki masa puber ini untuk terus melakukan hal positif dan kembangkan potensi dirinya. Ajarkan anak untuk tak mendekati pergaulan bebas, penyalahgunaan narkoba, dan kehidupan malam yang buruk baginya.

Cara orangtua merawat anak dalam masa puber

Beberapa cara orangtua merawat anak dalam masa puber.

  1. Orangtua harus menjadi tempat yang aman dan nyaman bagi anak untuk bicara dan curhat. Orangtua jangan hanya menasehati anak, tetapi mulailah terbuka untuk bicara hal hal yang menjadi perhatian anak.
  2. Tunjukkan bahwa orangtuanya bangga dengan pencapaian anak. Percaya atau tidak, ketika anak dipuji dengan pencapaian yang sudah diraihnya maka ia akan lebih percaya diri dan berjuang untuk mendapatkan pencapaian yang lebih baik lagi.
  3. Tunjukkan rasa percaya anda pada anak, namun tetap awasi mereka tanpa sepengetahuannya.
  4. Kenali teman temannya dan aktivitas anak di luar rumah.
  5. Jangan pernah memarahi anak ketika anak berada bersama teman temannya karena ini bisa menyebabkan anak sangat marah pada orangtuanya.
  6. Jangan banding bandingkan antara masa remaja anda dengan masa remaja anak anda. Jaman sudah sangat berubah. Hal yang dulu dianggap tabu mungkin sekarang sudah dianggap tidak tabu lagi. Dengan membanding bandingkan hal ini, anak akan selalu menghindar dan menolak untuk berdiskusi dengan ayahnya.

beberapa Cara orangtua merawat anak dalam masa puber

Demikian informasi mengenai cara orangtua merawat anak dalam masa puber. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai penyebab anak berbohong dan cara mencegahnya.

Cara orangtua merawat anak dalam masa puber | | 4.5