Cara pintar mengatasi anak pemarah

Setiap anak pasti akan melewati masa menjadi anak pemarah, sehingga setiap orangtua harus mengetahui cara pintar mengatasi anak pemarah. Banyak orangtua yang melakukan kesalahan ketika anak mereka sedang marah, ada yang membiarkannya, ada yang memarahinya dan ada juga yang memukulnya. Perlu diketahui bahwa api tidak bisa dipadamkan dengan api, tetapi harus dengan air. Sudah menjadi kewajiban bagi setiap orang tua agar mampu memahami anak dan memberi tauladan tentang cara yang benar dalam mengatasi emosi.

Cara pintar mengatasi anak pemarah

Berikut ini beberapa cara pintar mengatasi anak pemarah

Orangtua harus peka melihat perubahan dalam diri anak.

Setiap orangtua harus mampu melihat dan peka terhadap perilaku dan kebiasaan anak. Orangtua harus tahu apa yang anaknya sukai, apa yang tidak ia sukai, jadwal tidurnya dan hal penting lainnya bagi anak.

 

Selalu menjaga komunikasi yang baik pada anak.

Sering terjadi komunikasi dengan anak tetapi hanya satu arah saja. Perlu bagi orangtua untuk melakukan komunikasi dua arah agar kita bisa mengetahui apa yang anak inginkan. Dengarlah dengan tulus dan penuh kasih sayang terhadap apa yang anak sampaikan. Jagalah komunikasi yang hangat dan penuh kasih sayang dengan anak, dan jangan membuat jarak dengan mereka.

 

Memberikan larangan yang masuk akal bagi anak.

Pada usia anak-anak, umumnya belum memiliki keberanian untuk berdebat dengan orang tuanya ketika orangtuanya melarang sesuatu. Tidak ada salahnya untuk melarang anak, tetapi gunakanlah kata kata dan larangan yang masuk akal bagi anak agar ia mengerti bahwa yang dilarang itu adalah sesuatu yang baik bagi anak.

Cara pintar mengatasi anak pemarah untuk orangtua

Orang tua harus mampu memberikan teladan.

Sebagai orangtua, kita perlu menunjukkan pada anak cara yang benar dalam mengatasi emosi. Orang tua yang suka marah setiap harinya tentu akan mendapatkan anak mereka dengan kondisi yang sama juga. Oleh karena itu setiap orangtua harus mampu melihat diri sendiri dan memperbaiki kesalahan dan mulai berbuat baik dan benar agar anak bisa menjadikan orangtuanya sendiri sebagai teladan.

Demikian informasi mengenai cara pintar mengatasi anak pemarah. Untuk melihat artikel artikel terbaru silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai tanggung jawab ayah dalam mengasuh anak.

Cara pintar mengatasi anak pemarah | | 4.5