Daftar makanan yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil

Setiap ibu hamil perlu tahu daftar makanan yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil. Karena disadari atau tidak, makanan yang sering ibu konsumsi saat belum hamil bisa saja mengganggu kehamilan jika dikonsumsi.

Daftar makanan yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil

Beberapa daftar makanan yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil.

Makanan yang mengandung gula tinggi.

Jika ibu memakan makanan yang mengandung gula yang tinggi, maka ibu akan sulit untuk mengontrol mood, kadar gula darah yang tinggi selama kehamilan juga memperbesar risiko mengalami diabetes gestasional yang bisa menyebabkan anak anda lahir dengan bobot lebih dari 4,5 kg. Ibu harus tahu bahwa setiap nutrisi yang ibu konsumsi akan juga dialirkan ke janin melalui plasenta. Jika kadar gula ibu terlalu tinggi, maka janin pun akan memiliki kadar gula yang tinggi juga.

Mengkonsumsi Telur Mentah atau Setengah Matang

Memang nikmat mengkonsumsi telur ayam kampung setengah matang kemudian ditaburi sedikit merica bubuk. Namun bagi ibu hamil, makanan ini harus dihindari. Karena telur yang setengah matang masih mengandung bakteri salmonella yang mengganggu perkembangan janin. Jika ibu hamil masih ingin mengkonsumsi telur, maka harus telur yang benar benar matang agar bakteri di dalam telur mati.

Mengkonsumsi daging Sapi atau Unggas yang Kurang Matang

Mengkonsumsi daging sapi atau unggas memang diperlukan ibu hamil karena kandungan Protein, Zat Besi, Zinc, Selenium, Vitamin B Kompleks, serta Omega-3 yang dibutuhkan ibu hamil. Namun perlu diingat, hanya boleh mengkonsumsi daging tersebut dalam keadaan matang sempurna. Sebab daging yang tidak matang sempurna ketika dimasak masih mengandung bakteri salmonella dan parasit toksoplasma yang bisa menyebabkan kelainan pada janin, keguguran atau janin meninggal dalam kandungan.

Mengkonsumsi baik hati sapi atau ayam. 

Meskipun lezat dan dimasak secara matang sempurna, namun yang namanya jeroan memiliki zat retinol (merupakan turunan dari vitamin A) yang bisa menyebabkan janin menjadi cacat. Perlu diketahui bahwa hati adalah bagian tubuh yang berfungsi untuk menyerap racun, jika racun di tubuh binatang itu tinggi maka semakin beracun pula hati binatang itu. Lantas ibu hamil masih mau mengkonsumsi bagian tubuh binatang yang menyerap racun?

Mengkonsumsi Ikan Bermerkuri Tinggi

Meskipun ikan laut terasa sedap dan nikmat namun tidak sedikit juga ikan laut yang sudah terpapar merkuri karena terkontaminasi limbah di  laut. Salah satu ikan yang mengandung merkuri tinggi yaitu makarel dan tuna. Jadi jangan pernah konsumsi kedua jenis ikan itu kalau lagi hamil ya bu.

Ibu bisa mengganti selera untuk mengkonsumsi ikan dengan makan ikan kakap ataupun ikan sarden.

Mengkonsumsi makanan laut mentah

Untuk ibu yang suka mengkonsumsi sushi, sashimi atau kerang mentah sebaiknya dihindari ketika hamil. Karena seafood mentah bisa menjadi perantara masuknya bakteri listeria ke tubuh Ibu. Bakteri ini bisa merusak otak janin sejak di dalam kandungan dan bisa menyebabkan keguguran.

Demikian informasi mengenai daftar makanan yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai cara memantau tumbuh kembang balita agar optimal.

Daftar makanan yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil | | 4.5