Dampak buruk hukuman fisik bagi anak

Setiap orangtua perlu tahu dampak buruk hukuman fisik bagi anak. Memang anak kadang ada saat yang sangat bandel sehingga orangtua harus memukulnya. Namun hukuman fisik yang tepat adalah yang tidak menyakitkan dan tidak membuatnya luka.

Dampak buruk hukuman fisik bagi anak

Beberapa dampak buruk hukuman fisik bagi anak.

Menekan psikologis anak, sehingga anak mudah merasa tertekan, sedih dan depresi.

Anak akan melanjutkan tradisi hukuman fisik tersebut ke orang lain atau ke anaknya kelak.

Anak akan menjadi bandel. Meski banyak orangtua yang berpikir dengan memukul maka anaknya akan disiplin, tetapi hukuman fisik hanya akan membuat anak menjadi lebih berani dan bandel.

Bahkan membuat anak bisa membalas. Ia melihat orangtuanya yang ketika marah akan memukul. Maka anak akan melakukan hal yang sama ketika ia marah.

Meskipun banyak dampak buruk dari penerapan hukuman fisik pada anak, tapi anda harus tahu kapan hukuman fisik diperlukan. Ketika anak sangat bandel dan membuat ibu kesal dan capek, ibu bisa menyuruhnya menuliskan saya tidak akan bandel lagi di bukunya sebanyak 100 kali. Hal ini lebih efektif dibandingkan dengan memukulnya. Anda harus menggunakan konsistensi agar anak menjadi disiplin dan tidak dengan memukulnya.

Demikian informasi mengenai Dampak buruk hukuman fisik bagi anak. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai cara benar merawat rambut bayi.

Dampak buruk hukuman fisik bagi anak | | 4.5