Fase perkembangan manusia

Fase perkembangan manusia

Fase perkembangan manusia dibedakan menjadi lima, yaitu masa oral, masa anal, masa phallic, masa latency dan masa genital.

perkembangan manusia

  1. Fase perkembangan manusia yang pertama yaitu fase oral (0-1 tahun)adalah masa dimana kepuasan baik fisik dan emosional berfokus pada daerah sekitar mulut. Kebutuhan akan makanan adalah kebutuhan yang paling penting untuk faktor fisik dan emosional yang sifatnya harus segera dipuaskan. Di masa ini id dan pemenuhan kebutuhan sesegera mungkin berperan sangat dominan.
  2. Fase perkembangan manusia yang kedua yaitu fase anal (1-3 tahun) adalah masa dimana sensasi dari kesenangan berpusat pada daerah sekitar anus dan segala aktivitas yang berhubungan dengan anus. Pada masa inilah anak mulai dikenalkan dengan toilet training, yaitu anak mulai diperkenalkan tentang rasa ingin buang air besar atau kecil. Anak diperkenalkan dan diberi pembiasaan tentang kapan saatnya dan dimana tempatnya untuk buang air besar atau kecil, dan juga mengeliminasi kebiasaan kebiasaan anak yang kurang tepat dalam hal buang air besar dan buang air kecil di celana. Contoh : ketika anak sudah menunjukkan gejala atau bahasa tubuh ingin buang akir, orangtua segera mengantarkan anak ke kamar kecil, prilaku ini berulang ualng dan konsisten.
  3. Fase perkembangan manusia yang ketiga yaitu fase phallic (3-6 tahun) adalah masa dimana alat kelamin merupakan bagian paling penting, anak sangat senang memainkan alat kelaminnya yang terkadang dilakukannya untuk membuat orang tuanya tidak senang. Anak laki laki pada usia ini sangat dekat dan merasa sangat mencintai ibunya begitu juga dengan anak perempuan yang sangat mencintai ayahnya sehingga terkadang menganggap ibunya adalah saingannya. Di masa ini anak anak akan merasa sangat kecewa dan diabaikan jika keinginannya kepada salah satu orang tua yang dianggap segala galanya dan sangat dicintai tidak terpenuhi. Pada umumnya anak lelaki sangat bangga akan kelaminnya dan sering membanggakan di depan anak perempuan sehingga anak perempuan sangat tertarik dan bertanya Tanya kenapa mereka tidak memiliki seperti yang dimiliki oleh anak laki laki, dan hal ini menimbulkan perasaan rendah diri pada anak perempuan. Di masa ini juga anak akan belajar mengenal dan mengidentifikasi dirinya dengan melihat perbedaan antara ayah dan ibunya dan mencari kesamaan dalam dirinya. Misalnya : seorang anak laki laki mengidentifikasikan dirinya dengan melihat kepada ayahnya yang berjenis kelamin sama dengan dirinya, bagaimana berpakaian ayahnya, bagaimana peran ayah di rumah, dll. Masa ini sangat penting untuk perkembangan identifikasi jenis kelamin pada naak, bagaimana seharusnya anak laki laki atau anak perempuan bersikap, berpakaian dan berperan. Jika masa ini lingkungan tidak mendukung anak untuk mengidentifikasikan dirinya dengan baik, maka anak akan mengalami ketidakjelasan dalam mengidentifikasikan dirinya sebagai seorang laki laki atau perempuan.
  4. Fase perkembangan manusia yang keempat yaitu fase latency (7-10 tahun) adalah masa dimana kebutuhan seksual anak sudah tidak terlihat lagi, anak lebih tertarik akan kegiatan kegiatan yang melibatkan fisik dan kemampuan intelektualnya yang disalurkan di sekolah dan olah raga. Pada masa ini anak sudah dapat mengidentifikasikan dirinya dengan baik sebagai seorang laki laki atau perempuan. Biasanya anak laki laki akan bermain dan melakukan kegiatan dengan sesama anak laki laki begitu juga dengan anak perempuan.
  5. Fase perkembangan manusia yaitu fase genital adalah masa dimana mulai ada ketertarikan pada lawan jenis, mulai menjalin hubungan dengan teman yang memiliki jenis kelamin berbeda, belajar menyayangi, mencintai, butuh akan kasih sayang dan dicintai teman lawan jenis.

fase perkembangan manusia

Demikian informasi mengenai fase perkembangan manusia. Untuk melihat artikel terbaru silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai proses pembelajaran di kelas.

Fase perkembangan manusia | | 4.5