Gejala dan cara mengatasi cacar air pada anak

Setiap orang tua harus tahu gejala dan cara mengatasi cacar air pada anak. Cacar air adalah infeksi yang disebabkan oleh virus Varicella zoster yang umumnya menyerang anak berusia kurang dari 15 tahun.

Gejala dan cara mengatasi cacar air pada anak

Beberapa gejala dan cara mengatasi cacar air pada anak

Ruam atau kemerahan di kulit menyerupai jerawat dan sangat gatal. Ruam ini berubah menjadi lepuhan yang berisi cairan yang ketika pecah akan membuat keropeng. Biasanya ruam ini akan muncul di wajah, dada, punggung lalu menyebar ke seluruh tubuh. Gejala lainnya yaitu demam, nyeri kepala, rasa lelah dan hilang nafsu makan. Penyakit ini biasanya berlangsung 1 sampai 2 minggu. Jangan biarkan anak menggaruk ruamnya karena garukannya bisa membuat luka dan memicu infeksi sertia bekas lukanya akan menetap. Segera rawat ke rumah sakit agar anak mendapatkan tindakan yang benar.

Penyakit ini sangat mudah menular sehingga biarkan anak tetap di rumah hingga seluruh keropengnya mengering. Penularan virus ini bisa melalui udara dengan percikan ludah ketika penderita batuk atau bersin. Atau bisa juga adanya kontak langsung dengan cairan dari cacar air tersebut. Untuk mencegah penyakit ini, bisa diberikan vaksinnya ketika anak sudah berusia 1 tahun.

Cara mengatasinya yaitu dengan:

Kompres dengan air dingin atau mandi air dingin setiap 4 jam.

Saat mandi, gunakan sabun bayi atau sabun lain untuk kulit yang sensitif.

Hindari konsumsi minuman asam (jeruk atau yang lainnya) dan hindari makanan asin dan terlalu pedas.

Jangan biarkan anak menggaruk ruamnya, gunakan sarung tangan dan gunting pendek kukunya.

Gunakan pakaian lembut dan longgar untuk menghindari iritasi kulit.

Hindari cuaca panas dan berkeringat.

Serta hindari bodi lotion yang mengandung antihistamin.

Demikian informasi mengenai Gejala dan cara mengatasi cacar air pada anak. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai penyebab dan pertolongan pertama pada mimisan.

Gejala dan cara mengatasi cacar air pada anak | | 4.5