Gerak Benda Yang Ada di Sekitar

Gerak Benda

Benda dapat dikatakan bergerak jika berubah posisi dari semula. Benda dapat bergerak sendiri atau digerakkan. Makhluk hidup dapat bergerak sendiri, sedangkan benda mati bergerak karena pengaruh dari luar. Gerak adalah perpindahan kedudukan benda dari satu tempat ke tempat lain.

Cara Benda Bergerak

Gerak benda yang terjadi dalam kehidupan sehari hari dapat terjadi dalam beberapa cara. Cara benda bergerak adalah karena jatuh, berputar, menggelinding, mengalir dan memantul.

*Gerak Benda Jatuh

Jatuh adalah salah satu cara benda bergerak. Benda yang jatuh mengalami perpindahan tempat dari tempat yang tinggi menuju tempat yang lebih rendah. Semua benda yang terjatuh akan bergerak ke bawah. Hal ini disebabkan oleh gaya tarik bumi. Gaya ini dinamakan juga gaya gravitasi bumi. Gravitasi bumi menarik benda yang jatuh ke bawah. Perhatikanlah buah kelapa yang jatuh dari pohonnya. Awalnya, buah kelapa berada di atas pohon. Setelah jatuh, buah kelapa berada di bawah. Jadi, buah kelapa jatuh ke tanah karena adanya gaya gravitasi bumi.

*Gerak Benda Menggelinding

Benda dapat bergerak dengan cara menggelinding. Gerak menggelinding terjadi pada benda yang bentuknya bulat. Bundar, dan seperti tabung. Kita dapat mengamati gerak menggelinding pada bola. Lemparkanlah sebuah bola di lantai yang datar. Ketika kita lemparkan, bola bergerak menjauhi kita. Gerak bola pada lantai tersebut dinamakan menggelinding. Selain gerak bola, kamu dapat melihat gerak menggelinding pada benda yang lain. Contoh, ketika kamu sedang mendorong kaleng susu, maka kaleng susu itu akan bergerak menggelinding.

* Gerak Benda Berputar

Benda dapat bergerak dengan cara berputar. Sebuah benda yang berputar terdapat sumbu yang terletak di tengah benda. Benda bergerak dari tempat awal dan kembali ke tempat semula. Apakah kalian pernah pergi ke taman hiburan?, disana kalian dapat menemukan komidi putar. Komidi putar bergerak dengan cara berputar. Selain komidi putar, terdapat pula benda lain yang dapat berputar. Baling baling dapat berputar saat terkena angin. Kincir air berputar karena dorongan lairan air.

* Gerak Benda Mengalir

Peristiwa mengalir hampir sama dengan jatuh. Mengalir terjadi pada benda cair. Sedangkah jatuh terjadi pada benda padat. Perpindahan benda cair ketika mengalir sulit diamati. Ini karena benda cair berukuran sangat kecil dan jumlahnya sangat banyak. Benda cair bergerak bersama sama membentuk sebuah aliran. Benda mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah. Contohnya, saat menuang air dari teko, air mengalir dari atas ke bawah. COntoh lainnya, air terjun atau air hujan dari atap mengalir ke bawah melalui talang.

*Gerak Benda Memantul

Gerak memantul terjadi pada benda yang bersifat elastic. Misalnya, apda bola basket. Ketika dilemparkan, bola basket akan memantul di lantai. Bola yang menyentuh lantai akan naik kemudian turun lagi. Begitu seterusnya sampai bola berhenti.

Gerak benda menggelinding

Hal yang mempengaruhi gerak benda. 

* Bentuk Benda

Benda memiliki bentuk yang berbeda beda. Ada yang kotak, bulat, lonjong, dan segitiga. Bentuk benda akan mempengaruhi gerak benda tersebut. Bila berbagai bentuk benda kita gelindingkan maka kecepatan gerak benda tersebut juga berbeda. Benda berbentuk bulat bergerak paling cepat.

* Luas Permukaan

Benda dengan berat yang sama belum tentu memiliki luas permukaan yang sama. Misalnya, selembar kertas dengan selembar kertas yang telah diremas-remas. Jika keduanya dijatuhkan dari ketinggian yang sama, mana yang lebih cepat jatuh? Tentunya kertas yang telah diremas-remas. Kertas yang berbentuk lembaran, Luas permukaannya lebih besar daripada luas permukaan kertas yang diremas remas. Semakin besar luas permukaan benda, semakin lambat untuk jatuh ke bawah. Sebaliknya, semakin sempit permukaan benda, semakin cepat jatuh ke bawah.

* Kekasaran Permukaan Benda

Permukaan benda yang kasar akan membuat benda sulit bergerak. Kekasaran permukaan benda akan memperbesar gaya geseknya sehingga gerakannya menjadi terhambat. Jika permukaan benda halus atau licin maka akan lebih mudah bergerak karena hambatannya kecil. Contoh benda yang permukaannya licin adalah setrika.

* Keadaan Permukaan Lintasan

Benda akan lebih mudah bergerak atau menggelinding pada permukaan lintasan yang halus atau licin. Lintasan yang halus atau licin akan memperkecil hambatan. Hambatan yang kecil membuat benda di atasnya melaju dengan cepat. Coba kamu bandingkan gerak kelereng pada lantai ubin dengan gerak kelereng pada tanah. Apa perbedaannya ?

* Berat, Ukuran, Dan Bahan Baku

Mengapa bentuk pesawat terbang dibuat mirip burung? Mengapa pula kapal selam dibuat mirip bentuk ikan? Benda tersebut dibentuk sedemikian rupa agar mudah bergerak. Ini membuktikan bahwa bentuk suatu benda mempengaruhi kecepatan gerak benda. Gelindingkanlah sebuah bola basket dan sebuah kelereng di atas lantai dengan tenaga yang sama. Benda manakah yang akan menggelinding lebih cepat? Tentu kelereng akan bergerak lebih cepat dibanding dengan bola basket. Hal ini disebabkan kelereng lebih ringan sehingga dengan tenaga yang sama akan bergerak lebih cepat.

Gerak Benda jatuh

gerak benda

Manfaat Gerak Benda Dalam Kehidupan

* Kegunaan Benda Berputar

Baling baling pada kipas angin bergerak dengan cara berputar sehingga angin bisa berembus dan membuat ruangan menjadi lebih sejuk. Gerakan berputar pada baling-baling pesawat helicopter akan menghantarkan kita ke tempat yang dituju.

* Kegunaan Benda Menggelinding

Roda digunakan sejak nenek moyang manusia. Mula mula mereka menggunakan kayu kayu gelondongan sebagai roda sehingga kayu yang sangat besar mudah untuk dipindahkan. Seiring perkembangan zaman, maka mereka membuat roda dari kayu yang besar dan kuat, biasanya digunakan untuk roda gerobak. Gerobak menjadi lebih mudah bergerak dan lebih ringan bila dibandingkan dengan menggunakan kayu gelondongan.

Zaman semakin modern, teknologi juga semakin canggih. Roda yang praktis pun ditemukan, yaitu roda dari logam yang dilengkapi dengan jeruji dan dilapisi karet. Roda ini sifatnya kuat dan ringan sehingga tenaga kita tidak banyak yang dikeluarkan, misalnya roda sepeda, roda mobil dan roda kendaraan bermotor.

* Benda Memantul

Tahukah kamu olahraga apa yang memanfaatkan pantulan benda? Ya, jenis olahraga seperti basket, tenis meja dan bulu tangkis memanfaatkan pantulan dari benda.

*  Benda Mengalir

Apa saja yang bisa dimanfaatkan dari air yang mengalir ? beberapa manfaat air yang mengalir sebagai berikut :

  1. Sebagai Transportasi air.
  2. Menggerakkan generator untuk membangkitkan tenaga listrik.
  3. Sarana olahraga, seperti selancar dan arung jeram.
  4. Memindahkan atau mengangkut kayu gelondongan di daerah Kalimantan.

untuk melihat artikel terbaru lainnya silahkan lihat di Home. untuk informasi berikutnya silahkan lihat di macam macam sumber energi dan manfaatnya.

Gerak Benda Yang Ada di Sekitar | | 4.5