Gerakan senam dasar yang bisa memperlancar persalinan

Setiap ibu hamil perlu mengetahui gerakan senam dasar yang bisa memperlancar persalinan. Senam hamil adalah salah satu olahraga yang sangat baik untuk ibu hamil. Ini karena senam hamil bisa membuat tubuh ibu lebih bugar, segar, memiliki banyak energi dan memudahkan kembali langsing setelah melahirkan nanti.

Gerakan senam dasar yang bisa memperlancar persalinan

Beberapa gerakan senam dasar yang bisa memperlancar persalinan.

Berdiri bertumpu. Ini dimulai dengan posisi badan berdiri tegak dan salah satu tangan bertumpu pada kursi. Lalu buka kedua kaki kurang lebih 45 derajat. Lalu tekuk lutut secara perlahan ke bawah serendah mungkin sambil menjaga agar posisi punggung tetap lurus. Setelah itu angkat kembali tubuh dan luruskan kaki seperti posisi awal. Ulangi terus gerakan ini beberapa kali selama 20 detik lalu istirahat 1 menit lalu lanjutkan kembali. Latihan gerakan ini untuk melatih otot paha bagian belakang, serta meningkatkan keseimbangan.

Jongkok. Ini dimulai dengan punggung dalam posisi tegak lurus. Lalu turunkan badan pelan pelan hingga mencapai posisi berjongkok. Tahan posisi tersebut selama 10 detik lalu angkat tubuh perlahan lahan dan berdiri tegak. Lakukan ini setiap harinya cukup 10 kali. Gerakan senam ini mempermudah persalinan karena menguatkan otot paha dan otot sekitar panggul.

Posisi duduk. Ini bisa dilakukan di lantai dengan punggung disandarkan ke dinding. Tekuk lutut sehingga telapak kali saling berjumpa dan rapatkan. Angkat dan turunkan lutut hingga menyentuh lantai dengan telapak kali yang masih saling menyentuh. Lakukan gerakan ini 10 kali setiap harinya. Gerakan ini bisa menguatkan otot paha dan membuat tubuh lebih rileks.

Gerakan miringkan panggul. Ini dimulai dengan posisi tubuh yang hendak merangkak dengan punggung yang lurus dan kepala ditegakkan. Sambil menengadahkan kepala, coba untuk menarik napas dan menghembuskannya perlahan lahan. Lakukan kegiatan ini 10 kali setiap harinya. Gerakan ini bermanfaat untuk menguatkan otot perut dan dapat mengurangi rasa sakit di pinggang selama masa kehamilan.

Demikian informasi mengenai Gerakan senam dasar yang bisa memperlancar persalinan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai produk perawatan bayi yang wajib dimiliki orangtua.

Gerakan senam dasar yang bisa memperlancar persalinan | | 4.5