hal yang bisa mempengaruhi perkembangan psikologi anak

Setiap orangtua harus tahu hal yang bisa mempengaruhi perkembangan psikologi anak.

hal yang bisa mempengaruhi perkembangan psikologi anak

Beberapa hal yang bisa mempengaruhi perkembangan psikologi anak.

Pola asuh orangtua. Pola asuh yang diterapkan orangtua bisa membentuk dan pempengaruhi karakter anak. Orangtua yang disiplin akan membentuk anak yang lebih teratur. Kasih sayang yang diberikan orangtua bisa membuat anak menjadi penyayang, lembut dan berempati pada orang lain.

Trauma. Perkembangan psikologi anak bisa terganggu karena trauma. Misalnya trauma akibat kekerasan fisik di masa lalu. Kenangan kenangan buruk yang dialami anak bisa terus diingatnya dan menghambat perkembangan psikologinya.

Interaksi anak dengan lingkungan. Jika berada dalam lingkungan yang baik, maka anak akan tumbuh menjadi orang yang penuh kebaikan dan begitu pula sebaliknya. Jadi orangtua harus selalu memperhatikan dan mengawasi kegiatan anak agar tak terpengaruh dengan lingkungannya.

Keterlibatan orangtua dalam kegiatan anak. Anda bisa bermain bersama anak, belajar, berolahraga, liburan atau sekedar santai bersama. Dengan keterlibatan orangtua pada aktivitas anak, maka anak akan tumbuh menjadi pribadi yang terbuka, jujur dan lebih percaya diri.

Demikian informasi mengenai hal yang bisa mempengaruhi perkembangan psikologi anak. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai beberapa tahapan perkembangan balita yang perlu orangtua ketahui.

hal yang bisa mempengaruhi perkembangan psikologi anak | | 4.5