hikmah shalat khusyuk

Bila ingin sukses maka kuncinya adalah punya iman dan mampu khusyuk dalam shalat. Siapapun yang tidak pernah meneliti kualitas shalatnya, besar kemungkinan ia tidak akan mendapatkan kesuksesan dalam hidup. Orang yang shalatnya khusyuk adalah orang yang mampu berkomunikasi dengan baik ketika shalat dan sesudah shalat ia produktif berbuat kebaikan terhadap umat.

hikmah shalat khusyuk

Hikmah shalat khusyuk dalam kehidupan sehari hari

Hikmah shalat khusyuk yang kita dapatkan yaitu Allah mengingatkan tentang waktu. Orang yang khusyuk dalam shalatnya dapat dilihat dari sikapnya yang efektif menggunakan sebaik baiknya waktu.

Pelajarann kedua dari hikmah shalat khusyuk adalah kebersihan. Tidak pernah diterima shalat seseorang apabila tidak diawali dengan bersuci. Hikmahnya orang yang sukses adalah orang yang sangat cinta dengan hidup bersih.

Hikmah shalat khusyuk yang ketiga, sebelum memulai shalat kita harus memasang niat. Niat memegang peranan sangat penting dalam ibadah. Diterima atau tidaknya sebuah ibadah akan sangat dipengaruhi oleh niat. Seorang yang shalatnya khusyu akan selalau menjaga niat dalam setiap perbuatannya. Ia tidak mau melakukan sesuatu sebelum yakin niatnya lurus karena Allah. Ia meyakini bahwa Allah hanya akan menerima amal yang ikhlas. Ciri ciri orang ikhlas adalah jarang kecewa dalam hidupnya. Dipuji dicaci, kaya miskin, dilihat tidak dilihat, tidak akan berpengaruh pada dirinya karena semua yang dilakukannya mutlak hanya untuk Allah.

hikmah shalat khusyuk dalam kehidupan sehari hari

Setelah mengucapkan niat, shalat memiliki rukun tertib dan urutannya. Jadi, hikmah keempat dari Hikmah shalat khusyuk  adalah cinta keteraturan. Ketidakteraturan hanya akan menjadi berakhir menjadi masalah. Shalat mengajarkan kepada kita bahwa kesuksesan hanya milik orang yang mau teratur dalam mengatur kegiatan dalam hidupnya. Orang yang shalatnya khusyuk dapat dilihat bagaimana ia bisa tertib, teratur, dan sesuai urutan prioritas dalam hidupnya.

Hikmah shalat khusyuk yang kelima adalah tuma’ninah. Tuma’ninah mengandung arti ketenangan, konsentrasi, dan hadir dengan apa yang dilakukan. Shalat melatih kita memiliki ritme hidup yang indah, di mana setiap episode dinikmati dengan baik. Hak seperti istirahat dipenuhi, hak keluarga, hak pikiran dipenuhi dengan sebaiknya.

Hikmah shalat khusyuk yang keenam yaitu shalat memiliki gerakan yang dinamis. Sujud adalah gerakan yang paling mengesankan dari gerakan dan dinamisasi shalat. Banyak orang menganggap bahwa kepala merupakan sumber kemuliaan, tapi ketika bersujud, kepala dan kaki sama derajatnya. Bahkan setiap orang memiliki derajat yang sama ketika shalat. Ini mengandung hkmah bahwa dalam hidup kita harus memiliki sifat tawadhu. Tawadhu adalah cerminan kesuksesan mengendalikan diri, mengenal Allah, dan mengenal hakikat hidupnya. Kesuksesan orang yang shalat dapat dilihat dari kesantunan, keramahan, dan kerendahan hati yang dimilikinya. Cirinya yaitu tidak memandang lebih rendah kepada orang lain.

hikmah shalat khusyuk dalam membentuk kepribadian

Hikmah shalat khusyuk yang terakhir adalah salam. Shalat selalu diakhiri dengan salam yang merupakan doa semoga Allah memberikan keselamatan, rahmat, dan keberkahan bagimu. Ucapan salam ketika shalat merupakan pernyataan bahwa diri kita tidak akan pernah berbuat zalim pada orang lain. Ini adalah salah satu kunci sukses, karena setiap kali kita berbuat zalim, maka kezaliman ituakan kembali pada diri kita sendiri.

Demikian informasi mengenai hikmah shalat khusyuk. Untuk mengetahui artikel terbaru silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai bekal utama berumah tangga.

hikmah shalat khusyuk | | 4.5