Hubungan keluarga dan anak

Hubungan keluarga dan anak yang baik adalah jika mereka menemukan cara untuk dapat saling berbagi baik pengalaman maupun perasaan. Dengan begitu anak akan menjadi pribadi yang terbuka. Anak anak belajar mengembangkan kepribadiannya dengan cara mendengar, bertanya, berdebat, bernegoisasi, memanipulasi, dan membuat aturan.

Satu pekerjaan yang menantang untuk para pendidik adalah mengembangkan pribadi dan hubungan sosial pada anak yang belum menemukan jati diri mereka. Menjadi masalah jika si pendidik tidak mengetahui apa yang membuat anak tertarik, karena minat merupakan salah satu unsure untuk mengetahui jati diri anak. Bahasa tubuh anak dan cara anak mengekspresikan perasaannya dapat dijadikan acuan untuk mengetahui pilihan pendidikan atau aktivitas yang sesuai dengan anak.

keluarga dan anak

Menjalin hubungan keluarga dan anak yang baik

Keluarga menjadi konteks sosial bagi anak untuk belajar mengembangkan pribadi mereka. Keberadaan keluarga dan peran mereka terhadap kehidupan anak sangatlah penting. Oleh karenanya hubungan keluarga dan anak harus baik dan menjadi contoh yang baik bagi anak.

Belajar dari anak yang lain

Jika hubungan keluarga dan anak tidak terlalu baik maka anak perlu untuk belajar dari temannya mengenai bagaimana mereka bermain bersama dan hidup berdampingan dengan masyarakat. Pengaruh teman pada anak dapat merubah pemikiran mereka. Anak akan menggunakan komunikasi dengan anak lainnya sebagai media untuk merubah pemikiran.

Anak akan lebih mudah mengerjakan tugasnya jika ia bekerjasama dengan temannya. Memiliki partner membantu meringankan beban mereka, membantu mengeluarkan mereka dari masalah dan membantu untuk membuat lingkungan belajar atau aktivitas lainnya menjadi menyenangkan. Dengan berteman, anak akan saling berbagi humor, berbagi cerita, dan sebagainya yang membuat situasi atau lingkungan anak menjadi nyaman.

Hubungan keluarga dan anak

Namun tidak semua anak bisa bersosialisasi dengan mudah. Agar anak dapat memiliki kemampuan berkomuniasi dan berteman, mereka harus belajar bagaimana caranya berbagi.

Anak tidak boleh terlalu sering bergaul dengan orang dewasa karena memang pemikiran mereka belum saatnya dewasa. Sehingga penting sekali mengajak anak lainnya yang seusianya untuk bermain bersama mereka.

Anak tumbuh dalam dunia sosialnya yang didukung baik oleh hubungan keluarga dan anak akan menjadi media awal mereka untuk berinteraksi dengan lingkungan. Begitu mereka keluar dari rumah dan melakukan aktivitas mereka, maka mereka belajar untuk berhubungan atau berinteraksi dengan orang dewasa di sekitarnya dan juga dengan anak lain yang seusianya. Anak selain membutuhkan orangtua juga membutuhkan pendidik sebagai pendamping mereka dalam belajar untuk bersosialisasi dengan lingkungan.

Bagaimana anak dapat berteman dan berbagi dengan temannya dipengaruhi oleh bagaimana anak dapat mengelola emosi, kemampuan bersosialisasi (berbagi dengan teman dan bekerja sama), dan berkomuniasi dengan temannya.

Anak mengembangkan pribadi dan intelektualnya dengan melihat orang lain. Pada awalnya mereka mencontoh dan selalu berbagi pengalaman sosial mereka di rumah dengan anggota keluarga lainnya. Apa yang diperlihatkan oleh anggota keluarga mereka maka anak menjadi contoh bagi anak untuk bersosialisasi dengan lingkungan diluar rumah. Oleh karenanya penting sekali bagi kita untuk memberikan contoh yang baik kepada anak sehingga anak dapat bersosialisasi dengan lingkungannya sesuai dengan norma yang ada.

Hubungan keluarga dan anak yang baik

Hubungan keluarga dan anak memegang peran penting bagi sang anak, tidak hanya menjadi tugas ibu melainkan juga tugas ayah dan saudara saudari sang anak dalam keluaga. Orang dewasa pada dasarnya mempunyai peran untuk membantu anak dalam memperoleh pengalaman hidupnya. Anak akan lebih nyaman jika ia bisa berteman dengan teman yang memiliki kebiasaan atau pandangan yang sama dengannya.

Demikian informasi mengenai hubungan keluarga dan anak. Untuk melihat artikel terbaru silahkan kunjungi Home. Artikel selanjutnya mengenai pengertian pintar dan cerdas adalah.

Hubungan keluarga dan anak | | 4.5