Jenis dan manfaat olahraga bagi ibu hamil

Setiap ibu hamil perlu tahu jenis dan manfaat olahraga bagi ibu hamil. Meskipun ibu sedang hamil, tapi tidak ada alasan untuk berolahraga. Berolahraga bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan ibu hamil dan juga janin.

Jenis dan manfaat olahraga bagi ibu hamil

Beberapa jenis dan manfaat olahraga bagi ibu hamil

Berat badan ibu hamil bisa lebih terkontrol.

Bisa menguatkan jantung ibu hamil.

Bisa mengurangi resiko sakit punggung, sembelit, diabetes, preeklampsia dan kelahiran dengan sesar.

Bisa memudahkan ibu untuk menurunkan berat badan lebih cepat setelah melahirkan.

Semakin aktif bergerak selama hamil bisa membuat tubuh ibu menyesuaikan diri dengan perubahan bentuk tubuh dan penambahan berat badan.

Olahraga yang disarankan untuk ibu hamil yaitu:

Olahraga yang bisa melatih fleksibilitas, pernapasan dan bisa mengurangi stress yaitu senam hamil, yoga, pilates, dan senam kegel.

Jalan kaki, ini adalah olahraga murah meriah yang bisa dilakukan siapapun dan tak terkecuali ibu hamil. Jalan kaki terbukti bisa mengurangi stress, mengurangi menaiknya berat badan secara berlebih, mengurangi kadar kolesterol dan diabetes.

Olahraga air adalah olahraga yang bisa dilakukan ibu hamil pada usia kehamilan berapapun. Misalnya berenang dengan gaya dada dan punggung. Dengan rutin berenang, maka ibu akan membuat tubuh tetap kencang tanpa memberi beban atau tekanan pada persendian. Selain itu bisa membantu ibu lebih lancar melewati persalinan dan membuat ibu lebih rileks.

Tetapi ibu perlu berhenti olahraga jika pusing, mual, sesak napas, mata kunang kunang, ada nyeri di badan, kaki mulai bengkak, keluarnya cairan dari vagina atau tidak mampu berbicara karena lelah.

Demikian informasi mengenai Jenis dan manfaat olahraga bagi ibu hamil. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai teknik pernapasan yang membantu memudahkan proses persalinan.

Jenis dan manfaat olahraga bagi ibu hamil | | 4.5