Jenis jenis kemandirian anak

Jenis jenis kemandirian anak akan dibahasi di bawah ini.

Jenis jenis kemandirian anak

Kemandirian sosial dan emosi.

Merupakan langkah yang besar bagi anak yang sudah siap usianya untuk terjun ke lingkungan luar rumah. Mereka akan menghadapi banyak orang dengan banyak karakter, mereka akan belajar dan mencontoh karakter apa saja yang akan mereka temui.

kemandirian anak

Transisi merupakan suatu proses yang dialami oleh anak ketika ia berpindah dari satu lingkungan ke lingkungan lainnya. Anak yang sering diajak oleh orangtuanya pindah rumah mengalami  masa transisi ini. Tidak hanya itu, perpindahan anak dari rumah tempat ia tinggal dengan rumah nenek atau saudaranya yang lain juga memberikan anak pengalaman tansisi. Pada awalnya anak pasti akan menjadi pendiam dan pemerhati karakter orang orang yang ada di sekitarnya. Namun dengan dorongan semangat dari orangtua atau orang terdekatnya maka anak secara perlahan akan memasukkan peran di lingkungannya yang baru.

Anak yang sudah siap memperoleh pengalaman dihadapkan pada banyak situasi yang merupakan tantangan tidak hanya untuk anak melainkan untuk guru dan orangtua. Anak dituntut untuk dapat melakukan pemisahan, transisi, dan bekerja sama untuk meningkatkan kemandirian sosial dan emosi mereka. Emosi yang baik akan membuat teman teman atau orang lain di lingkungan si anak merasa nyaman sehingga anak pun demikian. Namun jika hal tersebuttidak terjadi maka anak mungkin akan mengalami masa sulit dan terbelakang karena minder. Oleh karenanya peran orang dewasa dalam membantu anak untuk memperoleh kemandirian secara sosial dan emosi ini sangatlah penting.

Jenis jenis kemandirian anak yang kedua yaitu kemandirian fisik dan fungsi tubuh

Jenis jenis kemandirian anak

Rasa kasih sayang dan kesabaran orangtua dalam mengajarkan kemandirian pada anak membantu proses kemandirian fisik ini menjadi cepat. Anak akan merasa bangga jika mereka dapat mengerjakan kebutuhan mereka sendiri. Orangtua terkadang membiasakan anaknya untuk melakukan apa yang sebenarnya anaknya belum sanggup untuk melakukan. Seperti anak usia tiga tahun yang diberikan pensil atau crayon, padahal pada usia tersebut anak pada umumnya belum dapat menulis. Hal ini tidak salah, karena membiasakan anak terhadap hal yang nantinya akan mereka kuasai.

Jenis jenis kemandirian anak yang ketiga yaitu kemandirian intelektual

Kemandirian intelektual pada anak dapat dilihat dari bagaimana anak dapat menyelesaikan tugas sekolahnya sendiri. Jika kita perhatikan ada saja orangtua yang mengerjakan tugas atau tanggung jawab anak dan membiarkan si anak bermain tanpa memikirkan tanggungjawabnya.  Meskipun tugas anak hanya bermain pada usia taman kanak kanak namun tanggungjawab seperti tugas memelihara hewan peliharaan atau tanaman kesayangan harus diurus oleh mereka sendiri. Tentu saja dengan pengawasan orang dewasa. Jika dibiarkan terus menerus maka hal ini membuat anak menjadi tidak bertanggung jawab dan tidak dapat mandiri secara intelektual.

Jenis jenis kemandirian anak usia dini

Kesempatan yang diberikan kepada anak untuk mengerjakan tugasnya dapat memicu kemandirian. Oleh karenanya peran orangtua dan guru disini hanyalah sebagai fasilitator bagi anak.

Untuk melihat artikel terbaru silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai kegiatan paud harus memenuhi hal ini.

Jenis jenis kemandirian anak | | 4.5