kebahagian dunia dan akhirat

Tips mendapatkan kebahagiaan dunia dan akhirat

Tips mendapatkan kebahagiaan dunia dan akhirat yang pertama yaitu Qalbun syakirun atau hati yang selalu bersyukur.
Memiliki jiwa yang selalu bersyukur berarti selalu menerima apa adanya (qona’ah), sehingga tidak ada ambisi yang berlebihan dan tidak ada stress. Seorang yang pandai bersyukur sangatlah cerdas memahami sifat-sifat Allah ┬ásehingga apapun yang diberikan Allah ia senang menerima dengan keputusan Allah.

kebahagian dunia dan akhirat

Al azwaju shalihah atau pasangan yang sholeh.
Pasangan yang sholeh akan menciptakan suasana rumah dan anggota keluarga yang sholeh pula. Berbahagialah menjadi seorang istri jika memiliki suami yang sholeh yang pasti akan bekerja keras untuk mengajak istri dan anaknya menjadi muslim yang sholeh.

Al auladun abrar yaitu anak yang soleh.

Tips mendapatkan kebahagiaan dunia dan akhirat yang keempat yaitu Albiatu sholihah yaitu lingkungan yang baik untuk iman kita.
Orang-orang sholeh adalah orang yang bahagia karena nikmat iman dan Islam yang selalu terpancar pada wajahnya. Dengan berteman dengan orang orang shaleh maka Insya Allah cahaya tersebut akan ikut menyinari orang-orang yang ada disekitarnya.

Al malul halal atau harta yang halal.
Pola pikir dalam Islam mengenai harta bukanlah soal banyaknya harta tetapi halalnya. Ini tidak berarti bahwa agama Islam tidak menyuruh umatnya untuk kaya. Berbahagialah menjadi orang yang harta banyak lagi halal karena doanya sangat mudah dikabulkan Allah. Harta yang halal juga akan menjauhkan setan dari hatinya sehingga memberi ketenangan dalam hidupnya.

cara mendapatkan kebahagian dunia dan akhirat

Tafakuh fiddien atau semangat untuk memahami agama.
Semangat memahami agama bisa diwujudkan dalam semangat memahami ilmu-ilmu agama. Semakin ia belajar, maka semakin tumbuh keinginan untuk belajar lebih jauh lagi mengenai sifat-sifat Allah dan ciptaan-Nya.

Tips mendapatkan kebahagiaan dunia dan akhirat yang ketujuh yaitu Umur yang baroqah.
Umur yang baroqah artinya umur yang semakin tua semakin sholeh, yang setiap detiknya diisi dengan amal ibadah. Orang orang yang mengisi hidupnya untuk kebahagiaan dunia semata, maka hari tuanya akan diisi dengan banyak berangan-angan tentang masa mudanya, sehingga iapun cenderung kecewa dengan ketuaannya (post-power syndrome).

meraih kebahagian dunia dan akhirat

Orang yang mengisi umurnya dengan banyak mempersiapkan diri untuk akhirat (melalui amal ibadah) maka semakin tua semakin rindu ia untuk bertemu dengan Sang Penciptanya. Hari tuanya diisi dengan bermesraan dengan Allah. Tidak ada rasa takut untuk meninggalkan dunia, bahkan ia penuh harap untuk segera merasakan keindahan alam kehidupan berikutnya seperti yang dijanjikan Allah. Ini adalah semangat  hidup orang-orang yang baroqah umurnya.

Demikian informasi mengenai kebahagiaan dunia dan akhirat. Untuk mengetahui artikel terbaru silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai pintu pintu masuk setan ke manusia.

kebahagian dunia dan akhirat | | 4.5