Kegiatan paud harus memenuhi hal ini

Kegiatan paud memang berfokus pada kegiatan bermain sambil belajar.

Kegiatan paud yang baikĀ 

Pengaturan lingkungan bermain anak usia dini

Tugas pertama dalam menciptakan lingkungan belajaar dan bermain anak usia dini yang baik adalah merencanakan ruang fisik kelas. Sebagian kecil keputusan perencanaan dapat dibuat sebelum anak tiba artinya para pendidik atau pengelola dapat membuat keputusan mengenai area bermain dan belajar dasar yang akan diciptakan, materi bermain dasar yang akan dipakai dan susunan ruang kelas. Keputusan perencanaan lainnya harus dibuat setelah pendidik da anak menjadi akrab karena perencanaan adalah proses yang tidak pernah berakhir dan merupakan proses berkelanjutan dalam menciptakan dan menerapkan berbagai rencana, mengamati, mengevaluasi efektifitas dan informasi berikutnya.

Kegiatan paud

Lingkungan bermain

Pertumbuhan dan perkembangan anak ditentukan oleh faktor bawaan dan faktor lingkungan. Yang dimaksud dengan faktor bawaan adalah sifat yang diturunkan oleh kedua orangtuanya, misalnya bentuk wajah, warna kulit, tinggi badan dan lain sebagainya. Sedangkan faktor lingkungan adalah pengaruh luar yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak tersebut, misalnya: kesehatan, gizi, pola asuh, pendidikan dan lain sebagainya.

Para ahli berkeyakinan bahwa lingkungan kegiatan paud memberi peran yang sangat besar dalam pembentukan sikap. Kepribadian dan pengembangan kemampuan anak secara optimal. Anak yang tidak mendapat lingkugnan yang baik untuk merangsang pertumbuhan otak, misalnya anak jarang disentuh, jarang diajak bermain, berkomunikasi dan sebagainya, maka perkembangan otaknya akan lebih kecil 20-30 persen dari ukuran normal seusianya.

Usia lahir sampai dengan memasuki pendidikan dasar merupakan masa keemasan sekaligus masa kritis dalam perkembangan anak selanjutnya. Masa ini merupakan masa yang tepat untuk meletakkan dasar dasar pengembangan kemampuan fisik, bahasa, sosial emosional, konsep diri, seni moral dan nilai nilai agama. Sehingga upaya pengembangan seluruh potensi anak usia dini harus dimulai agar pertumbuhan dan perkembangan anak tercapai secara optimal.

Kegiatan paud yang baik

Kegiatan paud hendaknya meperhatikan 9 kemampuan belajar anak yang meliputi :

  1. Kecerdasan linguistic yang dapat berkembang bila dirangsang melalui berbicara, mendengarkan, membaca, menulis, berdiskusi dan bercerita.
  2. Kecerdasan logika matetmatika yang dapat dirangsang melalui kegiatan menghitung, membedakan bentuk, menganalisis data dan bermain dengan benda benda.
  3. Kecerdasan visual spasial yaitu kemampuan ruang yang dapat dirangsang melalui bermain balok balok, dan bentuk bentuk geometri, melengakpi puzzle, menggambar, melukis, menonton maupun bermain dengan daya khayal.
  4. Kecerdasan musical yagn dapat dirangsang melalui irama, nada, birama, berbagai bunyi dan bertepuk tangan.
  5. Kecerdasan kinestetik yang dapat dirangsang melalui gerakan, tarian, olah raga dan terutama gerakan tubuh.
  6. Kecerdasan naturalis yang mencintai keindahan alam, yang dapat dirangsang melalui pengamatan lingkungan, bercock tanan, memelihara binatang, termasuk mengamati fenomena alam seperti hujan, angin, banjir, pelangi, siang malam, panas, dingin, bulan dan matahari.
  7. Kecerdasan interpersonal yaitu kemampuan untuk melakukan hubungan antar manusia yang dapat dirangsang melalui bermain bersama teman, bekerjasama, bermain peran, dan memecahkan masalah serta menyelesaikan konflik.
  8. Kecerdasan intrapersonal yaitu kemampuan diri, harga diri, mengenal diri dan disiplin.
  9. Kegiatan paud yang bisa memberikan pengetahuan kecerdasan spiritual yaitu kemampuan mengenal dan mencintai ciptaan tuhan, yang dapat dirangsang melalui penanaman nilai nilai moral dan agama.

Kegiatan paud adalah

Untuk mengetahui artikel terbaru silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai cara membentuk kepribadian anak.

Kegiatan paud harus memenuhi hal ini | | 4.5