Kelebihan dan kekurangan anak tunggal

Setiap orangtua yang memiliki anak tunggal harus tahu kelebihan dan kekurangan anak tunggal. Ada enak dan ada tidak enaknya menjadi anak tunggal. Untuk yang menjadi satu satunya, maka harus tahu benar apa posisi, tugas dan tanggung jawab dirinya untuk keluarganya. Berikut ini akan dibahas beberapa Kelebihan dan kekurangan anak tunggal.

karakteristik anak tunggal

Beberapa kelebihan dan kekurangan anak tunggal

Senang untuk memiliki impian yang tinggi dan sangat idealis.

Mempunyai idealisme yang paling tinggi diantara anak yang lain dalam hal jodoh dan pekerjaan

Mereka sangat suka bepergian, berekreasi maupun berpetualang.

Mempunyai kesamaan dengan anak pertama yaitu tidak senang berbuat masalah dan suka akan perdamaian. Kecenderungan lebih suka kepada lawan jenis yang memiliki wajah dan sikap yang dewasa.

Mereka sangat bertanggung jawab dan sangat perhatian, sehingga sering menjadi andalan orang tuanya.

Cenderung jauh dari bimbang, sehingga untuk mengambil keputusan bukan perkara yang sulit.

kelebihan anak tunggal

Kelebihan yang dimiliki Anak Tunggal

Karena tidak ada saudara kandung lain, maka perhatian orang tua akan dilimpahkan dan fokus hanya padanya. Sehingga anak menjadi lebih aman, mendapat kasih sayang lebih dan penuh percaya diri, biasanya anak tunggal mempunyai hubungan yang dekat dengan orang tuanya.

Dalam hidupnya, ia harus berjuang sendiri karena tidak memiliki saudara, jadi sudah terbiasa untuk menjalankan tugas sendiri, dan menjalankan segala sesuatunya sendiri sehingga tumbuh menjadi pribadi yang mandiri.

Pada umumnya kebutuhannya selalu dipenuhi oleh orang tua. Segala sesuatu yang ia butuhkan akan mudah dipenuhi oleh orang tuanya. Telah bisa dipastikan bila anak tunggal kebutuhan materinya akan terpenuhi.

kekurangan dari anak tunggal

Kekurangan yang dimiliki Anak Tunggal

Karena tidak ada saudara kandung yang bisa diajak bertukar pikiran, kebanyakan anak tunggal cenderung sedikit lambat dalam mengambil keputusan. Namun tentu saja hal ini bisa diubah dengan sering bersosialisasi dengan lingkungan sekitar.

Menjadi kesepian karena tidak memiliki teman bercerita dan diajak bercanda. Oleh karena itu, cenderung menjadi pendiam, tetapi dengan melakukan banyak kegiatan positif, Rasa kesepian ini bisa hilang.

Terlalu banyak campur tangan keluarga membuat anak merasa sangat dilindungi karena sikap orang tuanya yang terlalu overprotective. Banyaknya campur tangan orang tua dalam pergaulan bisa menjadi masalah bagi sang anak.

Demikian informasi mengenai kelebihan dan kekurangan anak tunggal. Untuk melihat artikel terbaru silahkan kunjungi home, artikel berikutnya mengenai menjaga anak gendut agar tetap sehat.

Kelebihan dan kekurangan anak tunggal | | 4.5