Kompetensi Pendidik PAUD

Kompetensi pendidik PAUD harus dipenuhi sebelum menjadi seorang guru bagi anak anak kecil. Di samping sebagai pendidik yang professional, guru anak usia dini juga memiliki fungsi sebagai berikut:

  1. Fungsi adaptasi yaitu berperan dalam membantu anak melakukan penyesuaian diri dengan berbagai kondisi lingkungan serta menyesuaikan diri dengan dirinya.
  2. Fungsi sosialisasi yaitu berperan dalam membantu anak agar memiliki keterampilan keterampilan sosial yang berguna dalam pergaulan dan kehidupan sehari hari.
  3. Fungsi pengembangan yaitu berkaitan dengan pengembangan berbagai potensi yang dimiliki anak.
  4. Fungsi bermain yaitu berkaitan dengan pemberian kesempatan pada anak untuk bermain, karena bermain adalah hak anak.
  5. Fungsi ekonomik yaitu pendidikan yang terencana untuk anak yang merupakan juga investasi jangka panjang orang tua.

Kompetensi Pendidik PAUD

Adapun kedudukan pendidik anak usia dini menurut undang undang:

  1. Menurut UU No. 20/2003, pasal 39 ayat 2 yaitu pendidik merupakan tenaga professional yang bertugas merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, melakukan pembimbingan dan pelatihan, serta melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, terutama bagi pendidik perguruan tinggi.
  2. UU No 14, Pasal 7 ayat 1 yaitu mengatur tentang sikap profesionalisme guru. Dalam melihat permasalahan pendidikan anak usia dini pasti tidak terlepas dari kualitas guru yang mengajar. Guru yang professional harus memenuhi standar kompetensi yang telah ditetapkan oleh UU dan pemerintah dengan memenuhi empat kompetensi pendidik PAUD.
  3. UU Nomor 20 Pasal 40 Ayat 2 menyatakan bahwa kewajiban pendidik adalah menciptakan suasana pendidikan yang bermakna, kreatif, dinamis dan dialogis, mempunyai komitmen secara professional untuk meningkatkan mutu pendidikan, member teladan dan menjaga nama baik lembaga, profesi, dan kedudukan sesuai dengan kepercayan yang diberikan kepadanya.

 

Kompetensi Pendidik PAUD yang baik

Kompetensi pendidik PAUD berdasarkan peraturan pemerintah No. 19 tahun 2005.

  1. Kompetensi pendidik PAUD yang pertama yaitu kompetensi pedagogis, yang mencakup kemampuan kemampuan dalam memahami, menguasai dan mengembangkan teori objek dari pendidikan, subjek dari pendidikan serta media pendukung dalam pembelajaran.
  2. Kompetensi kepribadian, yang mencakup kemampuan untuk dapat menampilkan pribadi yang dapat menjadi panutan.
  3. Kompetensi professional yang mencakup kemampuan untuk dapat berkomunikasi bekerja sama dan bersikap terbuka dengan lingkungan kerjanya.
  4. Kompetensi pendidik PAUD yang terakhir yaitu kompetensi sosial, yang mencakup kemampuan untuk dapat menguasai serta mengamalkan ilmu kependidikan dan bekerja dengan integritas yang penuh untuk peserta didik dan lembaganya.

Kompetensi Pendidik PAUD yang bagus

Peran guru anak usia dini:

  • Peran guru dalam berinteraksi
  • Peran guru dalam pengasuhan
  • Peran guru dalam mengatur tekanan atau stress
  • Peran guru dalam memberikan fasilitas
  • Peran guru dalam perencanaan
  • Peran guru dalam pengayaan
  • Peran guru dalam menangani masalah
  • Peran guru dalam pembelajaran
  • Peran guru dalam bimbingan dan pemeliharaan.

Demikian informasi mengenai kompetensi pendidik PAUD. Untuk melihat artikel terbaru silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai cara menciptakan suasana belajar.

Kompetensi Pendidik PAUD | | 4.5