Konsep Cerdas Financial dan pengertiannya

Konsep cerdas financial sebenarnya sederhana. Dengan mengetahui rumus, Anda dapat menyisihkan sebagian pendapatan Anda untuk berinvestasi. Adapun konsep cerdas financial adalah jika pendapatan dibagi dengan pengeluaran hasilnya bisa lebih dari satu. Dengan rumus cerdas financial ini berarti kamu dapat mengontrol pengeluaran agar selalu lebih kecil dari pemasukan. Untuk mencapai kondisi ini, dibutuhkan sikap yang cerdas dan bijak dalam membelanjakan uang. Memang tidak mudah untuk melakukannya, apalagi anda yang berpenghasilan pas-pasan atau memiliki banyak tanggungan. Namun jika hal ini dilakukan, tak mustahil Anda akan bisa berinvestasi dengan baik dan menjadi pribadi yang mandiri secara finansial.

.Konsep cerdas financial yang benar

Konsep cerdas financial yang pertama yaitu tetapkan Tujuan Keuangan

Bagi beberapa orang, Lebih baik menyisihkan sebagian uang untuk membeli rumah dengan tiga kamar tidur berpagar putih. Mimpi lain untuk berwisata ke seluruh dunia. Dengan menetapkan tujuan keuangan maka akan lebih mudah untuk mengatur keuangan pribadi, dan bisa juga menjadi motivasi untuk bekerja lebih keras lagi.

Konsep cerdas financial yang kedua yaitu buat Rencana Pengeluaran

Banyak orang yang menghabiskan sekitar 2/3 dari pendapatan untuk makanan, perumahan, dan transportasi. Dan ada pula untuk membayar utang, menabung, biaya rumah tangga dan barang sekunder pendukung. Dengan membuat rencana pengeluaran tahunan bisa mempermudah dan mengontrol pengeluaran sehari harinya.

Konsep cerdas financial yang ketiga yaitu menahan diri dari barang yang diinginkan bukan barang yang dibutuhkan

Tawaran promosi yang sulit untuk ditolak seperti diskon, hadiah hiburan adalah teknik teknik yang digunakan penjual untuk menarik konsumen. Tetapi jika kita mengetahui trik mereka, akan bisa membuat kita lebih tahan terhadap godaan tawaran-tawaran tersebut.
Konsep cerdas financial yang keempat yaitu melacak pengeluaran pribadi

Dengan melacak pengeluaran setiap seminggu sekali, bisa membuat kita berfikir ulang mana saja pengeluaran yang benar benar penting dan mana yang hanya bersifat hiburan semata.

Konsep cerdas financial yang baik

Konsep cerdas financial yang kelima yaitu mencari produk serupa dengan harga yang lebih murah

Penetapan harga sebuah produk ternyata bisa jauh lebih mahal dari harga awal produk tersebut. Sehingga jika ingin membeli sebuah produk, maka pertimbangkan perbandingan harga antara masing masing toko dan pilih toko yang menawarkan harga yang lebih murah.

Konsep cerdas financial yang keenam yaitu melakukan riset online sebelum membeli barang di toko

Dengan mengunjungi situs review produk dan situs belanja online, maka kita bisa mengetahui rincian harga berikut dengan kelebihan dan kekurangan produk tersebut. Apalagi jika situs jual beli online memberikan layanan gratis pengiriman, maka hal itu bisa menjadi alternative untuk dipertimbangkan.

Konsep cerdas financial yang ketujuh seperti mencari pendapatan Lebih dari Satu Sumber 

Dengan perkembangan zaman, semakin banyak pula tuntutan dalam hidup, maka kemampuan dalam mencari pendapatan yang lebih dari satu merupakan suatu keharusan. Apalagi tidak adanya keamanan ketika sudah mendapatkan satu pekerjaan belum tentu pekerjaan tersebut akan ada untuk waktu yang cukup lama. Terus cari ide untuk mendapatkan sumber penghasilan kedua, ketiga, dan seterusnya.

Konsep cerdas financial yang bagus

Konsep cerdas financial yang kedelapan seperti memulai Bisnis Sendiri

Seperti negara maju Amerika, resesi keuangan menjadi inspirasi banyak orang untuk memulai usaha sendiri, karena semakin tidak amannya pekerjaan yang ada di perusahaan. Dengan memulai bisnis sendiri kita akan lebih belajar bagaimana mengontrol keuangan bisnis kita sendiri dan lebih bisa mendapatkan kebebasan dan kemandirian financial.

Demikian informasi mengenai konsep cerdas financial dan pengertiannya. Untuk melihat artikel terbaru silahkan kunjungi home, artikel berikutnya mengenai konsep dan aspek cerdas spiritual.

Konsep Cerdas Financial dan pengertiannya | | 4.5