Macam Macam Cuaca dan Iklim

Macam macam cuaca dan iklim tertentu di suatu wilayah tergantung jangka waktu tertentu pula. Perubahan keadaan udara di sekitar kita dipengaruhi musim yang berubah dalam bulan bulan tertentu setiap tahunnya. Ilmu yang mempelajari cuaca adalah meteorology. Ada beberapa cuaca yang terjadi di bumi ini.

Macam macam cuaca dan iklim di dunia :

  1. Macam macam cuaca dan iklim yang diinginkan setiap orang adalah Cerah

Cuaca cerah berarti matahari bersinar terang dan udara terasa hangat atau tidak begitu terasa panas. Pada umumnya, hujan tidak akan turun saat cuaca cerah. Angin berhembus semilir. Pada siang hari, terdapat awan yang berlapis lapis tipis, menyerupai kapas yang berwarna putih bersih. Saat matahari terbit atau tenggelam, terlihat warna merah atau kuning cerah. Pada malam hari, terlihat bintang bertaburan di langit.

  1. Macam macam cuaca dan iklim yang tidak disukai oleh banyak orang yaitu Panas

Udara terasa panas saat cuaca panas. Faktor yang menyebabkan udara panas adalah cahaya matahari. Saat tengah hari, sinar matahari jauh tegak lurus ke bumi sehingga terasa panas menyengat. Ketinggian juga menyebabkan udara di suatu daerah terasa panas. Semakin tinggi suatu tempat, suhu udaranya semakin turun. Itulah sebabnya, suhu di daerah pantai terasa panas, sedangkan di pegunungan terasa dingin.

  1. Cuaca Berawan

Saat langit tampak banyak awan, kondisi seperti ini dinamakan cuaca berawan. Cahaya matahari tidak begitu terasa panas sebab terhalang oleh awan. Beberapa awan dapat bergerombol sehingga akan terbentuk awan yang besar. Awan besar tersebut dapat berubah menjadi mendung. Jika lingkungan sekitarnya mendukung, mendung dapat berubah menjadi hujan.

  1. Cuaca Dingin

Suatu daerah mengalami cuaca dingin jika kelembapan udara tinggi, angin bertiup kencang,  dan suhu udara rendah.

  1. Cuaca Hujan

Hujan berasal dari udara yang mengandung uap air. Uap air terjadi karena adanya pemanasan matahari terhadap air di bumi, seperti air kolam, air danau, air laut dan air sungai. Udara tersebut naik ke atas dan membentuk awan. Semakin ke atas, suhu uap air menjadi semakin rendah. Saat mencapai suhu tertentu, uap air akan mengembun menjadi titik titik air. Titik titik air berubah menjadi tetesan air. Semakin lama tetes tetes air, makin berat dan akhirnya jatuh ke bumi dalam bentuk hujan. Hujan yang turun dengan deras kadang kadang dissertai badai, yaitu angin kencang disertai Guntur dan kilat. Badai dapat menyebabkan kerusakan parah di bumi.

  1. Macam macam Cuaca dan iklim yang terakhir yaitu Berangin

Angin bertiup kencang sehingga menerbangkan benda benda ringan yang dilaluinya. Jika angin bertiup sangat kencang, pohon dan rumah akan roboh. Kecepatan angin dapat diukur dengan anemometer. Saat cuaca berangin, langit biasanya agak berawan dan suhu udara rendah. Keadaan cuaca biasa digambarkan menggunakan simbol simbol cuaca.

cuaca dan iklim

Macam macam cuaca dan iklim di dunia

Aktivitas yang dipengaruhi oleh macam macam cuaca adalah sebagai berikut :

  1. Pakaian yang digunakan

Pakaian yang kita pakai biasanya menyesuaikan dengan cuaca pada saat itu. Saat cuaca panas, kita biasanya memakai pakaian yang tipis dan longgar serta menyerap keringat. Namun, saat cuaca hujan yang dingin biasanya memakai pakaian panjang dan tebal. Ketika keluar rumah pada saat hujan, kita tentunya akan memakai payung ataupun jas hujan supaya tubuh tidak basah.

  1. Makanan dan Minuman

Ketika cuaca panas, minuman dingin akan membuat tenggorokan terasa segar. Lain halnya saat cuaca dingin, kamu akan memilih makanan dan minuman yang panas untuk menghangatkan tubuh.

  1. Pekerjaan

Petani mulai menggarap sawah pada saat musim penghujan. Saat itu, air cukup melimpah. Tanaman pertanian seperti padi, pada awal pertumbuhannya membutuhkan banyak air. Udara terasa panas dan hujan tidak turun saat musim kemarau. Lahan pertanian menjadi kering dan retak retak. Pada saat seperti ini, petani tetap bercocok tanam. Akan tetapi , petani tidak dapat menanam padi. Petani menanam tanaman yang tidak membutuhkan banyak air seperti kacang kacangan, umbi umbian, dan kentang.

macam macam cuaca dan iklim

Demikian informasi mengenai macam macam cuaca dan iklim. Untuk melihat informasi terbaru lainnya silahkan kunjungi Home page. Artikel berikutnya mengenai macam macam sumber daya alam dan manfaatnya.

Macam Macam Cuaca dan Iklim | | 4.5