Macam Macam Sumber Energi dan Manfaatnya

Macam macam sumber energi dan manfaatnya banyak dipelajari oleh anak sekolah dasar. semoga artikel ini bisa memberi ilmu tentang macam macam sumber energi dan mafaatnya.

Energi tidak dapat dilihat oleh mata manusia. Namun, energi dapat diamati dari akibat yang ditimbulkannya. Ada macam macam bentuk energy yang dimiliki benda. Secara umum, energi dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu energa panas, energi bunyi, energi listrik, energi cahaya dan energi kimia.

Macam macam sumber energi dan manfaatnya yang pertama.

* Energi Panas

Panas sering juga disebut dengan kalor. Kegiatan sehari hari yang memerlukan energi panas, diantaranya memasak makanan, menjemur pakaian, menyetrika pakaian sehingga pakaian yang kusut menjadi rapi, mengeringkan padi dan menghangatkan badan.

* Energi Gerak

Energi gerak disebut juga dengan energi kinetik. Energi kinetic adalah energi yang dimiliki oleh benda yang sedang mengalami gerak. Ada dua macam energi kinetic, yaitu energi kinetic alami dan energi kinetic buatan. Contoh energi kinetic alami adalah air mengalir dan Angin berhembus. Contoh energi kinetic buatan adalah gerakan kipas angin, gerakan mobil atau sepeda motor yang melaju. Dan gerakan mixer yang digunakan untuk mengaduk adonan kue. Semakin cepat benda bergerak, semakin besar energi geraknya.

* Energi Getaran

Bunyi adalah bentuk energi getar. Ketika pemain music memetik gitar, dawai gitar akan bergetar. Getaran dawai inilah yang menghasilkan bunyi. Pada umumnya, alat musik menghasilkan energi getar.

* Energi Kimia

Energi yang dihasilkan dari proses reaksi kimia disebut dengan energi kimia. Energi kimia tersimpan dalam bahan bahan kimia. Berbagai bahan yang mengandung energy kimia, misalnya akin, batu baterai, dan bahan makanan yang kita makan.

* Energi Listrik

Energi listrik merupakan energy yang paling banyak digunakan saat ini sebab penggunaannya mudah dan praktis. Selain itu, energi listrik juga tidak menimbulkan polusi. Dalam kehidupan sehari hari, energy listrik digunakan untuk berbagai keperluan misalnya menyalakan alat alat elektronik, seperti televisi, komputer, kulkas dan lain-lainnya.

* Energi Cahaya

Kegiatan kita pasti akan terganggu jika tidak ada cahaya. Agar dapat membaca dan menulis, kamu perlu energi cahaya. Saat malam hari, kita memanfaatkan energi cahaya dari lampu untuk menerangi ruangan. Sedangkan pada siang hari, keadaan terang karena energi cahaya dari matahari. Energi cahaya juga dimanfaatkan untuk mengobati penyakit kanker.

Macam macam sumber energi dan manfaatnya untuk kehidupan

Sumber energi adalah benda benda yang menghasilkan energy. Sumber energi mampu memberikan energy pada benda lain. Beberapa sumber energy sebagai berikut.

Macam macam sumber energi dan manfaatnya

sumber energi dan manfaatnya dari matahari

Matahari

Matahari termasuk salah satu dari bintang. Bintang adalah benda langit yang memiliki cahaya sendiri. Jika dibandingkan dengan bintang yang lain, matahari tampak lebih besar. Mengapa ? Sebab jarak matahari ke bumi lebih dekat daripada jarak bintang yang lain. Matahari merupakan sumber energy panas dan cahaya terbesar di bumi. Tanpa matahari, tidak ada kehidupan di bumi. Selain menghangatkan bumi, matahari sangat diperlukan tumbuhan untuk melakukan fotosintesis. Fotosintesis merupakan proses pembuatan makanan pada tumbuhan. Hasil dari fotosintesis berupa karbohidrat dan oksigen. Manusia dan hewan sangat bergantung pada tumbuhan. Apabila fotosintesis tidak dapat dilakukan, kehidupan manusia dan hewan akan terancam. Bagaimana dengan manusia ? apakah manusia juga memerlukan matahari ? energy panas matahari dimanfaatkan oleh manusia untuk menjemur pakaian, padi atau ikan asin.

Minyak Bumi

Minyak bumi merupakan bahan bakar fosil. Pemakaian minyak bumi dengan cara pengolahan terlebih dahulu. Hasil pengolahan minyak bumi, di antaranya berupa bensin, solar, avtur, minyak tanah dan aspal. Bensin digunakan untuk bahan bakar motor atau mobil. Solar digunakan sebagai bahan bakar mesin diesel. Avtur digunakan untuk bahan bakar pesawat. Minyak tanah untuk bahan bakar kompor dan aspal untuk penghalus jalan. Penggunaan bahan bakar minyak bumi harus hemat sebab selain jumlahnya yang terbatas dan tidak dapat diperbarui, penggunaannya juga mampu menimbulkan polusi. Adanya polusi dapat membuat kerusakan lingkungan.

macam macam sumber energi dan manfaatnya

Angin

Angin adalah udara yang bergerak. Angin menyimpan energy sehingga dapat dijadikan sebagai sumber energy. Negara belanda telah sejak dahulu memanfaatkan energy angin untuk memutar kincir sehingga dikenal dengan julukan negara kincir angin. Kincir tersebut digunakan untuk membantu menggiling gandum. Angin juga dimanfaatkan nelayan. Pada saat berangkat, nelayan memanfaatkan angin laut dan memanfaatkan angin darat untuk kembali pulang ke daratan.

macam macam sumber energi dan manfaatnya dari air

Air

Benda yang diam memiliki energy potensial, sedangkan saat bergerak memiliki energy kinetic. Demikian juga dengan air. Air menyimpan sejumlah energi. Misalnya, air terjun. Energi air terjun digunakan untuk menggerakkan turbin pada PLTA. Selain itu, air yang mengalir digunakan sebagai sarana transportasi di beberapa daerah, misalnya di Pulau Kalimantan.

Baterai

Baterai menyimpan energy kimia. Pada penggunaan energi kimia menjadi energy listrik. Di mana kita biasa menemukan baterai ? Baterai biasa dipakai pada mobil mainan, jam dinding, radio, kamera dan remote.

Makanan

Saat kamu kelaparan, tubuh terasa lemas. Namun, setelah kita makan, tubuh kita kembali bugar. Mengapa? Sebab makanan yang telah kita makan berubah menjadi energy. Setelah memiliki energi, kita dapat melakukan aktivitas. Fungsi makanan bagi tubuh adalah sebagai sumber energy dan sebagai pembangun tubuh.

Macam macam sumber energi dan manfaatnya yang terakhir adalah

Listrik

Energi listrik berasal dari arus listrik. Arus listrik dapat timbul dari suatu pembangkit listrik. Beberapa pembangkit listrik sebagai berikut:

  1. PLTA : Pembangkit Listrik Tenaga Air.
  2. PLTS : Pembangkit Listrik Tenaga Surya.
  3. PLTU : Pembangkit Listrik Tenaga Uap.
  4. PLTD : Pembangkit Listrik Tenaga Diesel.

demikianlah informasi mengenai Macam macam sumber energi dan manfaatnya. Untuk melihat informasi terbaru silahkan lihat di Home. Artikel penting berikutnya yaitu mempelajari tentang bumi.

Macam Macam Sumber Energi dan Manfaatnya | | 4.5