Makanan yang melindungi gigi dan gusi anak

Setiap orangtua harus tahu makanan yang melindungi gigi dan gusi anak. Tentu makanan memegang peranan besar sebagai penyebab masalah pada gigi dan gusi. Ini bisa terjadi karena penumpukan sisa-sisa makanan yang lalai dibersihkan, utamanya sisa kudapan manis seperti roti, kue, cokelat, dan lain-lain. Namun ada juga makanan yang berfungsi melindungi gigi dan gusi anak.

Makanan yang melindungi gigi dan gusi anak

Beberapa makanan yang melindungi gigi dan gusi anak.

Susu. Susu mengandung kalsium yang sangat mendukung proses pertumbuhan dan kesehatan gigi anak anda.

Buah buahan yang renyah dan memiliki kandungan air yang banyak. Buah buahan seperti pir, apel, semangka dan jeruk bisa menjadi sikat gigi alami. Karena kandungan air dalam buah tersebut bisa mengurangi asam dalam mulut.

Buah buahan asam seperti jeruk, nanas, sirsak dan belimbing memiliki kandungan vitamin C yang banyak yang baik untuk kesehatan gigi. Selain itu buah buahan ini juga bisa membentuk jaringan kolagen dalam mulut sekaligus dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan bakteri penyebab infeksi, plak, dan gigi berlubang.

Sayuran hijau yang mengandung vitamin B bisa menyembuhkan luka pada gusi lebih cepat.

Teh hijau memiliki kandungan polifenol yang menghambat pertumbuhan bakteri penyebab masalah pada gigi. Selain itu teh juga mengandung fluoride yang dapat memperkuat gigi dan mencegah gigi berlubang.

Demikian informasi mengenai Makanan yang melindungi gigi dan gusi anak. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai gejala dan cara mengatasi cacar air pada anak.

Makanan yang melindungi gigi dan gusi anak | | 4.5