Manfaat Menjaga Kualitas Tidur saat Hamil

Setiap ibu harus tahu manfaat menjaga kualitas tidur saat hamil. Selain menjaga asupan nutrisi, ibu hamil juga harus mendapatkan tidur malam yang cukup. Namun banyak ibu hamil yang mengalami sulit tidur pada trimester pertama dan ketiga. Perlu diketahui bahwa tidur yang cukup tidak hanya bermanfaat bagi ibu namun juga pada janin.

Penyebab sulit tidur saat hamil.

Terjadinya perubahan hormon. Hormon progesteron yang naik dan hormon estrogen yang naik turun bisa membuat ibu ngantuk di siang hari namun terjaga di malam hari. Inilah penyebab yang membuat ibu hamil sulit untuk tidur di malam hari.

Timbulnya rasa nyeri. Ibu hamil pasti akan merasakan nyeri punggung, mual, dan rasa ingin buang air kecil yang semakin sering bisa membuat ibu semakin sulit untuk tidur nyenyak.

Rasa cemas berlebihan. Tidak jarang ibu hamil yang dilanda kecemasan berlebih, kadang ibu memikirkan hal yang tidak perlu ibu pikirkan. Berbagilah terhadap suami atau keluarga jika memiliki rasa kecemasan supaya kecemasan tersebut cepat hilang.

Manfaat Menjaga Kualitas Tidur saat Hamil

Beberapa manfaat menjaga kualitas tidur saat hamil.

Kesehatan ibu dan janin tetap terjaga.

Dengan kualitas tidur yang cukup maka ibu akan tetap sehat dan juga kesehatan janin tetap terjaga. Setiap ibu hamil perlu tidur setidaknya selama 8 jam TANPA GANGGUAN. Sehingga diperlukan bantuan dan kerja sama dari setiap anggota keluarga sampai si adik lahir dengan selamat.

Mencegah kontraksi yang lebih lama.

Jika ibu hamil mengalami waktu tidur yang kurang, misalnya hanya 6 jam sehari maka bisa mengalami kontraksi 10 jam lebih lama dibanding ibu hamil yang selalu tidur cukup.

Mengurangi terjadinya komplikasi pada bayi.

Ibu hamil yang selalu mendapatkan tidur yang cukup akan melahirkan bayi yang sehat, beratnya normal serta proses melahirkan yang normal. Berbeda dengan ibu yang selalu kekurangan jam tidur, anaknya berpeluang lahir dengan berat kurang, serta bayi lahir prematur.

Mampu mencegah stres dan inflamasi.

Ibu hamil yang cukup tidur dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga mencegah inflamasi. Inflamasi adalah peradangan yang terjadi sebagai pertahanan tubuh terhadap virus, bakteri dan patogen lainnya. Selain itu tidur cukup bagi ibu hamil juga bisa menurunkan kadar hormon adrenalin, kortisol, dan norepinefrin penyebab stres.

Demikian informasi mengenai manfaat menjaga kualitas tidur saat hamil. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai penyebab anak cadel dan cara mengatasinya.

 

Manfaat Menjaga Kualitas Tidur saat Hamil | | 4.5