Manfaat menjaga pandangan dalam islam

Manfaat menjaga pandangan dalam islam seperti

Manfaat menjaga pandangan dalam islam yang pertama yaitu menjernihkan pikiran.
Pikiran manusia tidak terjadi dengan sendirinya dan yang bisa pikirannya adalah si empunya pikiran sendiri,  melalui pemrosesan dalam otak. Informasi yang diproses oleh otak tersebut masuk melalui panca indera. Apa yang dilihat, didengar, dicium, disentuh dan dirasa, semuanya akan terekam dan tersimpan di dalam otak.

menjaga pandangan dalam islam

Ada beberapa yang cepat hilang dan dilupakan, ada yang tersimpan melekat sampai tua. Semakin banyak dan semakin sering intensitas data dimasukkan maka semakin besar pula kemungkinannya untuk tertanam tajam dalam memori otak lalu membentuk pola pikir. Oleh karena itu sangat penting untuk memperhatikan apa saja yang didengar dan dilihat untuk menjaga kebersihan hati dan pikiran.

Mempertajam Hati Nurani
Pola pikir seseorang yang telah terbentuk maka lama kelamaan akan mempengaruhi hati nurani seseorang. Hati bisa menjadi keras bila dalam jangka waktu cukup lama tidak dilatih dekat dengan Allah karena pola pikirnya tidak mendukung. Proses perubahan suasana hati nurani itupun bisa berjalan tanpa disadari. Sebaliknya jika indra mata terjaga maka indera yang lain, hati pun ikut terjaga kebersihannya sehingga hati diselimuti oleh cahaya keimanan dan terjauhkan dari kegelapan.

Manfaat menjaga pandangan dalam islam yang ketiga yaitu Senantiasa Dzikir Kepada Allah.
Pola pikir kotor yang mulai meracuni hati dapat diselamatkan dengan teurs dzikir kepada Allah. Dengan  menundukkan pandangan maka seseorang akan lebih mudah mengingat Allah sehingga memberi kekuatan kepada hati untuk memerangi pengaruh negatif yang disodorkan oleh pikiran kotor dan hawa nafsu.

Mencegah Sikap Liar manusia
Sikap liar ini gampang sekali muncul bila tidak ada niat dari pribadi yang bersangkutan untuk mengendalikan dirinya. Selalu menjaga pandangan merupakan salah satu sarana latihan mengendalikan diri.

manfaat menjaga pandangan dalam islam
Manfaat menjaga pandangan dalam islam yang kelima yaitu Melihat Dengan Fitrah Bashirah
Dengan fungsi mata sebagai melihat yang suci atau fitrah, maka seluruh tubuh akan merasakan manfaatnya.
Demikian informasi mengenai manfaat menjaga pandangan dalam islam. Untuk mengetahui artikel terbaru silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai menjauhi hal yang tidak bermanfaat.

Manfaat menjaga pandangan dalam islam | | 4.5