Manfaat menjaga pandangan

Menjaga pandangan adalah salah satu masalah terbesar yang menimpa kaum muslimin khususnya para  kelompok pemuda dan lebih khusus lagi kepada mereka yang belum menikah. Fitnah ini mengepung pada berbagai situasi dan kondisi. Seperti di pasar, mall, rumah sakit, kampus, sekolah, bis kota, kereta api, pesawat terbang, tempat keramaian dan bahkan pada tempat-tempat suci sekalipun.

Sejauh mata memandang bisa saja kita terjatuh dan terjerembab pada maksiat pandangan ini. Karena fitnah pandangan ini tidak terbatas pada kondisi tiba tiba atau dadakan saja, misalnya seseorang berlalu di hadapan kita secara tidak sengaja kita melihat aurat orang tersebut. Mungkin saja kita tinggal di lingkungan yang secara sadar  mempertontonkan auratnya. Kalau sudah begini maka naluri untuk menasihati harus bangkit untuk menyadarkan mereka yang terlanjur jatuh pada mepertontonkan aurat.

menjaga pandangan mata

Bagi orang orang yang keluar rumah, Islam mengajarkan untuk menjaga pandangan. Bukan hanya bagi laki laki tetapi juga untuk muslimah. Sepintas nasihat ini nampak remeh, sepele, dan gampang. Tetapi di balik itu tersimpan begitu besar hikmah, misalnya dengan terbiasa menundukkan pandangan bisa menjadi barometer kondisi hati.

Menjaga pandangan terbebas dari 12 orang seperti

Suami. Seorang suami boleh melihat isterinya kapanpun dan apapun ia suka.

Ayah baik dari pihak ayah ataupun ibu.

Ayah mertua karena mereka sudah dianggap sebagai ayah sendiri.

Anak-anak laki-lakinya yang termasuk juga cucu, baik dari anak laki-laki ataupun dari anak perempuan.

Anak-anaknya suami karena ada suatu keharusan untuk bergaul dengan mereka. Ditambah lagi bahwa si isteri sudah sebagai ibu bagi anak-anak tersebut.

pahala menjaga pandangan

Saudara laki-laki baik sekandung, seayah atau seibu.

Keponakan karena mereka ini selamanya tidak boleh dikawini.

Sesama perempuan, baik yang ada kaitannya dengan hubungan nasab ataupun orang lain yang seagama. Sebab perempuan kafir tidak boleh melihat perhiasan perempuan muslimah kecuali perhiasan yang juga dilihat oleh laki-laki.

Hamba sahaya yang perempuan sebab mereka ini sudah dianggap sebagai anggota keluarga.

Keponakan dari saudara perempuan karena mereka haram dikawini untuk selamanya.

Orang-orang yang ikut serumah yang tidak ada rasa syahwat. Mereka ialah buruh atau orang-orang yang ikut perempuan tersebut yang tidak bersyahwat lagi karena masalah kondisi badan ataupun umur.

manfaat menjaga pandangan

Anak anak kecil yang tidak mungkin bersyahwat ketika melihat aurat perempuan.

Demikian informasi mengenai manfaat menjaga pandangan. Untuk mengetahui artikel terbaru silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai manfaat menjaga pandangan dalam islam.

Manfaat menjaga pandangan | | 4.5